Makassar (ANTARA) - General Manager (GM) Pelindo Makasih Iwan Sjarifuddin mengatakan penumpang di Pelabuhan Makassar diprediksi naik 6 persen pada arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah dibandingkan realisasi tahun lalu yang tercatat 107.875 orang penumpang.

"Pelabuhan Makassar adalah salah satu pelabuhan kelolaan PT Pelindo Regional 4 Makassar. Pelabuhan ini tercatat terbesar dan terpadat dengan prediksi kenaikan penumpang hingga 6 persen," kata Iwan GM Pelindo Regional 4, di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan, momen hari raya besar keagamaan selalu menjadi momen yang dinantikan utamanya bagi masyarakat Indonesia yang merayakan. Termasuk momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran yang setiap tahun selalu ditunggu seluruh umat muslim.

Karena itu, lanjut dia, mudik menjelang Lebaran sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di Indonesia, Kondisi inilah yang memicu terjadinya kenaikan penumpang jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 nanti.

Mengantisipasi momen mudik yang sudah pasti akan menyebabkan lonjakan angka jumlah penumpang mudik ke kampung halaman masing-masing terutama yang menggunakan moda transportasi kapal laut, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar setiap tahun selalu melakukan berbagai persiapan.

Berbagai fasilitas pun telah disiapkan Pelindo Regional 4 Makassar jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadan. Selain menyiapkan fasilitas dan melakukan peningkatan pelayanan yang telah ada selama ini, pihaknya juga melakukan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).

Sementara pada musim mudik Lebaran tahun ini jumlah arus penumpang kapal di Pelabuhan Makassar diprediksi mencapai 114.348 orang penumpang.

Adapun puncak arus mudik diprediksi berada di H-10 dan H+10 Lebaran Idul Fitri 1445 H.

Iwan berharap momen mudik Lebaran tahun ini berjalan aman, nyaman, dan lancar, sehingga para pemudik yang menggunakan moda transportasi laut bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta di kampung halaman masing-masing.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024