Mamuju (ANTARA) - Polres Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengajak masyarakat untuk menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama dalam bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.

"Tetap jaga toleransi dan menghargai antarumat beragama demi terciptanya kerukunan beragama sehingga tetap tercipta persatuan dan kesatuan masyarakat Mamuju," kata Kapolres Mamuju, Kombes Pol Iskandar, di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan Polres Mamuju juga mengajak masyarakat agar memperbanyak ibadah dalam bulan Ramadhan ini dan mengurangi kegiatan yang tidak bermanfaat yang dapat mengurangi nilai ibadah puasa.

"Jangan bunyikan petasan yang membahayakan diri sendiri dan orang lain, tetapi lakukan hal bermanfaat yang bernilai ibadah pada bulan Suci Ramadhan," katanya.

Dia juga menghimbau masyarakat agar mewaspadai segala bentuk tindakan kejahatan yang dapat merusak suasana kondusif daerah yang sudah berjalan baik.

"Polres Mamuju juga telah melaksanakan pengamanan rutin dan melakukan patroli untuk mencegah terjadinya kejahatan malam hari, apalagi di pada saat Ramadhan ini aktivitas masyarakat banyak dilakukan malam hari," katanya.

Ia mengatakan pihaknya berupaya memberikan jaminan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat yang akan melaksanakan rangkaian ibadah bulan suci Ramadhan 1445 H.

"Polres Mamuju juga melakukan pengamanan seluruh rumah ibadah selama bulan suci Ramadhan dengan menempatkan personil kepolisian diseluruh rumah ibadah agar masyarakat beribadah dengan aman dan tenang," katanya.

Menurut dia, pengamanan yang dilakukan tersebut sebagai bentuk kehadiran Polri di tengah masyarakat agar tetap terwujud situasi di Mamuju yang aman dan kondusif.

"Kami juga meminta masyarakat agar tidak melakukan aksi balap liar yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat atau kebut kebutan di jalan dengan menggunakan knalpot borong karena akan dilakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024