Makassar (ANTARA Sulsel) - Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat USAID menjangkau 50 perguruan tinggi di Indonesia untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan.

"USAID memberikan bantuan dan pelatihan untuk memperkuat institusi pendidikan tinggi di Indonesia melalui program Higher Education Leadership and Management (HELM) dengan bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), Kemendikbud," kata Pelaksana Tugas Direktur USAID Derrick Brown di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, sejak 2012 HELM-USAID telah memberikan pelatihan kepala lebih dari 1.600 tokoh di bidang pendidikan tentang pengelolaan institusi pendidikan.

Memasuki tahun ketiga pelaksanaan program tersebut telah menjangkau 50 perguruan tinggi yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Melalui program HELM bersama Dikti difokuskan empat pilar manajemen dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi.

Keempat pilar tersebut adalah administrasi umum dan kepemimpinan, manajemen keuangan, penjaminan mutu dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan.

Brown mengatakan, empat pilar itu merupakan kesatuan dengan manajemen mutu dan penting untuk mendukung prestasi mahasiswa, agar sukses dalam karier pada lingkungan kerja yang cepat berubah.

HELM akan mendukung implementasi rencana strategis Dikti dan mendukung pelaksanaan Undang-Undang Pendidikan Tinggi melalui penyediaan hasil evaluasi yang berguna untuk pengembangan manajemen.

Selain itu, kerja sama HELM - Dikti berkolaborasi dengan institusi mitra untuk selanjutnya disebarluaskan ke institusi pendidikan tinggi, termasuk menerapkan model kepemimpinan ke dalam sistem pendidikan tinggi yang ada dan melembagakan kepemilikan kegiatan reformasi manajemen. Nurul H

Pewarta : Oleh Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024