Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa tahap pertama anggaran tahun 2024 di Desa Seppong, Belopa Utara.

Penjabat Bupati Luwu Muh Saleh melalui keterangannya diterima di Makassar, Jumat, mengatakan penyaluran BLT pertama pada 2024 dilaksanakan di Desa Seppong, Kecamatan Belopa Utara dan selanjutnya bertahap ke seluruh desa lainnya.

"Alhamdulillah kita telah menyerahkan BLT dan sembako. Apresiasi buat kepala Desa Seppong yang telah melaksanakan kegiatan dan ini merupakan desa pertama yang menyalurkan BLT dana desa tahap pertama untuk anggaran tahun 2024," ujarnya.

Pada penyerahan dana BLT dana desa tahap pertama itu juga dirangkaikan dengan penyerahan paket kebutuhan pokok kepada 40 warga prasejahtera dari empat kecamatan.

Dirinya berharap, setelah Desa Seppong, desa lainnya dapat menyusul melakukan penyaluran BLT dana Desa tahap pertama agar masyarakat dapat segera memanfaatkannya.

“Ada beberapa program unggulan pemerintah, di antaranya adalah pemberian bantuan bagi kelompok penerima manfaat (KPM), stunting dan program ketahanan pangan di desa," katanya.

Muh Saleh usai penyerahan itu, mengingatkan masyarakat Luwu agar memanfaatkan lahan atau pekarangan untuk menanam cabai dan sayuran lainnya.

“Manfaatnya, selain bisa menambah penghasilan keluarga, langkah ini sebagai upaya untuk menekan laju inflasi daerah," katanya.

Menurut dia, Kabupaten Luwu wilayah yang subur, banyak potensi lokal yang bisa dikembangkan seperti sektor pertanian, perkebunan, hasil laut dan pariwisata yang jika dikelola dengan baik akan bisa bernilai ekonomis tinggi.

Kepala Desa Seppong Irwan Sultan menyampaikan bahwa penyaluran BLT tahap pertama ini untuk periode Januari-April 2024, di mana setiap bulan KPM menerima Rp300 ribu.

“Sebanyak 35 KPM tercatat di Desa Seppong. Sesuai petunjuk teknis, penyaluran tahap pertama ini mereka menerima dana Rp1,2 juta untuk periode Januari-April," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024