Mamuju (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat mengajak masyarakat meminimalisir penggunaan sampah plastik untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Kepala DLH Sulbar, Zulkifli Manggazali di Mamuju, Sabtu mengatakan  DLH Sulbar mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan meminimalisir penggunaan sampah plastik dengan program "Mudik minim sampah".

Ia mengatakan, menyambut lebaran Idul Fitri 1445 hijriah diharapkan masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dari sampah plastik.

"Seluruh masyarakat khususnya pemudik diminta menjaga kelestarian lingkungan dengan meminimalisir atau mengurangi penggunaan sampah plastik demi kenyamanan melakukan mudik lebaran," katanya.

Menurut dia, pemudik dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga lingkungan dengan tidak mengunakan plastik yang digunakan sekali untuk mencegah timbunan sampah.

"Pemudik diharapkan untuk membawa botol minum dan tas belanja yang dapat digunakan berulang kali, untuk menghindari penumpukan sampah dan sebagai langkah sederhana namun berarti dalam meminimalisir sampah plastik," katanya.

Ia juga meminta, agar pengelola tempat keberangkatan pemudik seperti terminal bus, pelabuhan, bandara dan rest area untuk menambah sarana dan prasarana pengelolaan sampahnya dengan tujuan agar sampah terkelola dengan baik dan pemudik nyaman.

"DLH Sulbar akan berkoordinasi dengan DLHK Kabupaten diseluruh wilayah Sulbar untuk memantau pelaksanaan pengumpulan sampah dengan cara berkeliling dengan menjemput dan membersihkan sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Program itu kata dia, juga bertujuan untuk mengurangi tumpukan sampah yang menganggu pemudik dalam membuang sampah terutama di wilayah rest area atau tempat keberangkatan.

"Diharapkan perjalanan mudik tahun 2024 ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat mengurangi sampah yang berserakan mengganggu keamanan pemudik dengan meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga kelestarian lingkungan dari sampah," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024