Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melibatkan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dalam program 1.000 beasiswa untuk bantuan beasiswa S2.

"Unhas memiliki peran penting dalam pembangunan Provinsi Sulbar, sehingga akan dilibatkan dalam program pemberian beasiswa S2 yang diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sulbar dan Masyarakat Umum," kata Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrullah, di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan Pemprov Sulbar telah menyusun Rancangan Peraturan Gubernur (Ranpergub) tentang Bantuan Beasiswa S2 bagi ASN dan Masyarakat Umum di Sulbar.

"Pemprov Sulbar juga telah mengalokasikan anggaran untuk bantuan beasiswa bagi 1.000 orang. Ranpergub tersebut akan menjadi acuan mengenai aturan teknis yang nantinya dijadikan rujukan untuk membantu beasiswa ASN dan masyarakat luas," katanya.

Menurut dia, anggaran beasiswa yang disiapkan bersumber dari APBD Sulbar 2024 untuk meningkatkan SDM para ASN khususnya guru dan tenaga kesehatan serta masyarakat Sulbar.

"Pemerintah Sulbar akan meningkatkan SDM para ASN agar berjalan efektif dan akan meningkatkan pelayanan dasar di bidang pendidikan dan kesehatan meningkat untuk membangun Sulbar," katanya.

Ia menyampaikan bahwa Unhas yang telah dilibatkan dalam program bantuan beasiswa banyak bekerjasama dengan Pemprov Sulbar dalam melaksanakan berbagai program pada bidang pembangunan di Sulbar dilibatkan.

"Unhas bekerja sama dengan Pemprov Sulbar dalam program manajemen kebencanaan, kemudian juga bekerjasama dalam program kehutanan, dan pembangunan otonomi daerah, selain itu juga menyankut keuangan daerah," katanya.

Ia berharap dengan kerja sama Unhas dalam program beasiswa S2 tersebut akan dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang menjadi prioritas pembangunan di Sulbar.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024