Makassar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin mengatakan rumah sakit (RS) dan puskesmas tetap membuka pelayanan kesehatan kepada masyarakat saat cuti bersama Lebaran 2024 di daerah itu.

"Alhamdulillah kedua tempat yang kami kunjungi tadi kurang pasien, ini menunjukkan bahwa warga kita alhamdulillah dalam keadaan sehat," kata dia setelah kunjungan ke RSUD Haji dan Puskesmas Jongaya Makassar di Makassar, Senin.

Bahtiar Baharuddin dalam kunjungan itu didampingi, antara lain Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, dan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol M Ngajib.

Ia mengatakan pelayanan kesehatan tetap berjalan meskipun sudah masuk cuti bersama Lebaran. Di setiap RS dan puskesmas tetap ada tenaga kesehatan yang piket.

"Jadi bisa dipastikan, di hari raya, menjelang hari raya, maupun pada hari raya tetap pelayanan kesehatan di wilayah Sulsel, termasuk di Kota Makassar," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pelayanan kesehatan di RS dan puskesmas tersebut tetap dalam pengawasan agar optimal.

"Insya Allah terkontrol dan sampai hari ini dapat dilakukan dengan baik," katanya.

Setelah kunjungan ke RSUD Haji dan Puskesmas Jongaya, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar melanjutkan kunjungan ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan untuk memastikan pelayanan tetap prima, pihaknya mendampingi Pj Gubernur Sulsel mengecek seluruh fasilitas yang mendukung mudik Lebaran, yakni RS, puskesmas, dan unit transfusi darah.

"Kalau dilihat dari rumah sakit semua siap, Puskesmas Kota Makassar juga siap," kata dia.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024