Makassar, Sulsel (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) memastikan pasokan listrik mencukupi kebutuhan masyarakat pada beban puncak Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

General Manager PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin di Makassar, Sulsel, Selasa, memastikan pasokan listrik di Sulsel, Sultra, dan Sulbar saat ini aman dan mencukupi.

Andy mencatat rata-rata beban puncak pada saat Ramadhan pada Sistem Ketenagalistrikan Sulsel berkisar 1.600-1.700 MW.

“Saat Idul Fitri, beban puncak diperkirakan 1.548 MW dan kapasitas pasokan 1.832 MW, sehingga pasokan listrik mencukupi,” ujarnya.

Untuk penyediaan energi baru terbarukan (EBT), lanjutnya, 45,78 persen tersedia di Sulselrabar yang merupakan salah satu sistem paling ramah lingkungan di Indonesia.

Menurutnya, PLN berkomitmen menjaga pasokan listrik selama Ramadhan hingga Lebaran dengan menyiagakan 2.755 personel di 71 posko siaga yang tersebar di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat selama 24 jam.

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, seluruh unit PLN di bawah naungan PLN UID Sulselrabar juga telah menggelar himbauan tim untuk memastikan kesiapan petugas dalam menjaga keandalan pasokan listrik sehingga masyarakat dapat beribadah dengan khusyuk pada Minggu (7/4). /2024).

Untuk menjamin kenyamanan dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat, PLN juga menyiapkan peralatan pendukung selama masa siaga, antara lain genset 141 unit, uninterruptible power supply (UPS) 28 unit, Gardu Induk Bergerak (UGB) 86 unit, crane 13 unit, mobil 266 unit, 44 motor listrik, dan 106 motor konvensional.

Tak hanya itu, delapan tim khusus pekerjaan dalam kondisi stres (PDKB) juga disiagakan.

Andy juga menegaskan, bagi pengguna kendaraan listrik yang ingin melakukan perjalanan saat Lebaran tidak perlu khawatir karena PLN telah menyediakan 20 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 12 lokasi di Sulselrabar.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini masyarakat dapat nyaman beraktivitas dengan keberlangsungan pasokan listrik yang andal dan memadai,” jelasnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024