Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin memastikan layanan kesehatan di daerah itu siap sedia saat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kita cek semuanya, baik tenaga kesehatannya maupun fasilitas kesehatannya itu semua selalu siaga 24 jam," ujarnya di Makassar, Selasa.

Danny --sapaan akrab Ramdhan Pomanto-- itu mengatakan mendampingi Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengecek seluruh fasilitas yang meliputi mudik Lebaran, yakni rumah sakit, puskesmas, dan unit transfusi darah.

"Kalau dilihat dari rumah sakit semua siap, puskesmas Kota Makassar juga siap," kata dia.

Ia menyatakan jika sewaktu-waktu ada pasien membutuhkan transfusi darah juga tersedia cukup.

Bahkan, kata dia, unit itu siap mengatasi adanya korban kecelakaan lalu lintas sehingga posisi tersebut krusial.

Danny menyatakan semua layanan yang telah dikunjunginya sudah siap disertai petugas medis yang mempunyai komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan pemantauan di dua fasilitas kesehatan menunjukkan tidak terlalu banyak pasien yang artinya sebagian besar masyarakat dalam keadaan sehat.

Dia memastikan hari ketika menjelang, saat, dan pascahari raya pelayanan kesehatan tetap berjalan di Sulsel, termasuk di Makassar.

"Alhamdulillah pelayanan tetap berjalan dan pihak puskesmas dan RS menyampaikan bahwa walaupun besok Lebaran tetap ada yang piket," katanya.

Ia menyebut kerja sama yang baik, antara pemerintah provinsi dan kabupaten serta kota, didukung partisipasi masyarakat yang mantap akan mendukung Lebaran di daerah setempat berlangsung dengan baik.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengecek tiga layanan publik di Makassar, di antaranya Puskesmas Jongaya, RSUD Haji, dan UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024