Mamuju (ANTARA) - Polda Sulbar memperketat pengamanan di pusat keramaian di kawasan pasca Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau 2024 Masehi.

“Upaya ini kami lakukan agar masyarakat dapat menikmati hari raya dan hari raya bersamaan dengan Idul Fitri,” kata Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar, saat memantau pusat keramaian saat libur dan hari raya bersamaan dengan Idul Fitri, di Mamuju, Senin. .

Kapolri mengatakan, kehadiran aparat kepolisian di pusat keramaian seperti pasar tradisional, mall, terminal dan tempat wisata, sangat penting untuk mencegah terjadinya gangguan sipil.

“Kami telah menyiapkan strategi pengamanan yang ketat untuk memastikan masyarakat dapat menikmati libur Idul Fitri dengan damai dan tenteram,” kata Adang Ginanjar.

Di titik-titik rawan kemacetan, Polres Sulbar juga menerjunkan personel untuk mengatur arus lalu lintas dan menjamin kelancaran pergerakan kendaraan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat selama libur panjang Idul Fitri, kata Adang Ginanjar

Patroli ke pemukiman warga. Kata Adang Ginanjar, juga dilakukan untuk memantau situasi kamtibmas untuk mencegah terjadinya kemacetan. pencurian di rumah warga yang meninggalkan rumah.

Kapolri juga meminta masyarakat ikut menjaga keamanan dengan memberikan informasi jika menemukan sesuatu yang mencurigakan kepada petugas polisi terdekat.

“Dengan adanya kerja sama antara pihak kepolisian dan masyarakat, diharapkan libur Idul Fitri dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan keamanan yang berarti,” kata Adang Ginanjar.

Komitmen Polres Sulbar untuk menjaga ketentraman dan ketertiban selama libur dan hari raya Idul Fitri, lanjutnya, merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Dengan demikian, perayaan Idul Fitri tidak hanya sekedar momen kebahagiaan, tapi juga momen mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan di tengah masyarakat Sulbar,” kata Adang Ginanjar.

Dalam pengawasan tersebut, Kapolri juga didampingi sejumlah Mabes Polres Sulbar, antara lain Kepala Biro Ops Kombespol Nyoman Artana, Dirkrimsus Kombespol Kombes Pol Arly Jembar Jumhana, Dirlantas Polda Sulbar Kombespol Valentinus Virasandy Asmoro dan Kapolres. Mamuju Kombespol Iskandar.

Sementara dari pantauan salah satu pusat keramaian di Kabupaten Mamuju yakni di Mal Matos Mamuju, terlihat ratusan masyarakat memadati pusat perbendaharaan terbesar di wilayah tersebut.

“Kami sengaja datang ke Mal Matos Mamuju untuk menikmati hari libur terakhir dan hari raya Idul Fitri,” kata Kiya, salah satu warga Kabupaten Mamuju.

Warga mengatakan, Kiya mengapresiasi kehadiran polisi di pusat keramaian, karena memberikan rasa aman dan nyaman saat masyarakat menikmati hari raya dan hari raya Idul Fitri.

“Kami merasa aman dan nyaman berbelanja dan datang ke pusat keramaian karena selalu ada petugas dari kepolisian yang bertugas,” kata Kiya.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024