Makassar, (Antara Sulsel) - Mantan Menteri Penindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia Gita Wirjawan melakukan silaturahim bersama dengan petinggi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar di Bisnis Center. Rabu (5/3).
 
Kegiatan ini dihadiri Rombongan Gita Wirjawan dan beberapa petinggi diantaranya, Rektor Dr. H. Irwan Akib, M.Pd, Wakil Rektor (WR I) Dr. Abd. Rahman Rahim, MM, WR II, Dra. Hj. Rosleny, MSi, WR IV,Ir. Abd. Rakhim Nanda, MT, Dekan Fisipol, Dr. H. Muhklis Madani, MSi, Dekan Fak. Ekonomi dan Bisnis Dr. H. Mahmud Nuhung, MEi, Dekan Teknik Hamzah, Ali-Imran, MT dan beberapa petinggi lainnya.
 
Menurut Irwan Akib mengatakan bahwa pertemuan ini selain untuk membangun silaturahim dengan warga Unismuh juga membahas topik issu Nasional dan kriteria pemimpin yang dibutuhkan bangsa saat ini.
 
Sementara itu, Gita Wirjawan mengatakan dalam kesempatan tersebut bahwa pada dasarnya fenomena dalam sebuah bangsa perlu adanya pemerataan Pertumbuhan Ekonomi, reformasi Hukum dan menumbuhkan Bhinneka tunggal ika untuk meningkatkan nasionalisme kepada warga Indonesia.
 
“Kebijakan ekonomi dalam memajukan suatu bangsa harus berpengaruh langsung kepada masyarakat sehingga pemimpin bangsa kedepan harus mampu memaksimal sumber daya yang ada khususnya dalam sektor reformasi agraria karena Indonesia kaya akan sumber daya Alamnya,” ungkap Gita.
 
Selain itu, Gita menambahkan bahwa pemimpin selain memanfaatkan sumber daya yang ada juga harus memperhatikan sistem pendekatan yang relevan, profesional dan proporsional terhadap warga bangsa Indonesia.
 
Disisi lain, Gita juga menguraikan tentang kasus yang semakin hari kian terbongkar dari petinggi negara dan para elit politik yang saat ini kepercayaan masyarakat  ada dipundak KPK sehingga KPK harus kerja ekstra untuk melululantahkan para koruptor ditanah air ini.
 
“Penyidik yang disiapkan oleh KPK tidaklah cukup sekiranya hanya berjumlah pada kisaran 100 orang tetapi harus mengacu pada jumlah penduduk yang ada sama halnya dengan negara Jepang yang menerapkannya,” Tuturnya.
 
Dengan demikian, melalui pertumbuhan ekonomi yang merata diseluruh lapisan, penegakan hukum yang otentik maka yang perlu ditanamkan dalam setiap sanubari warga Indonesia adalah bhinneka tunggal ika untuk membentuk generasi yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap negara (nasionalisme).
 
Gita juga menambahkan bahwa Unismuh adalah salah satu perguruan tinggi yang akan melahirkan pemimpin yang berjiwa nasionalisme, bermental pemimpin pengusaha dengan dibekalinya program kewirausahaan para setiap alumni yang ada. 

Pewarta : Agus Setiawan
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024