Mamuju (ANTARA Sulbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, menyatakan tempat pemungutan suara di Kecamatan Kepulauan Balak-Balakang akan menggunakan kotak suara berbahan aluminum untuk mengurangi risiko kerusakan.

"Kebetulan kami masih memiliki cadangan 854 kotak suara berbahan aluminum. Khusus untuk daerah Balak-Balakang maka kami rencanakan dari delapan TPS akan kita kirim kotak surat suara berbahan aluminium," kata Ketua KPU Mamuju Tri Winarno, Jumat.

Selain daerah Balak-Balakang kata dia, daerah terpencil seperti Kecamatan Kalumpang juga akan menggunakan logistik berbahan aluminium.

"Ada beberapa daerah tertentu di wilayah Kalumpang yang sangat sulit dijangkau akan kita kirim kotak berbahan aluminium," jelasnya.

Tri menyampaikan, untuk beberapa kecamatan lainnya masih tetap menggunakan kotak berbahan kardus yang telah diuji ketahanannya.

Kotak suara berbahan aluminium, kata dia, sekaligus untuk dijadikan wadah surat suara hasil pecoblosan suara.

Mantan anggota Panwaslu kabupaten Mamuju ini juga menyampaikan, distribusi logistik pemilu akan diprioritaskan bagi daerah-daerah terpencil.

"Daerah terpencil tetap menjadi skala prioritas dalam hal proses distribusi logistik Pemilu. Pada proses distribusi, petugas aparat kepolisian dipastikan akan ikut mengawal dalam mengamankan logistik tersebut," ungkap Tri Winarno. AJS Bie

Pewarta : Oleh Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024