Makassar (ANTARA) - Polsek Ujung Tanah Pelabuhan Makassar Sulawesi Selatan menggencarkan patroli dialogis untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan dan gangguan kamtibmas, yang mengandalkan pendekatan personel. 

"Anggota Piket Polsek Ujung Tanah Polres Pelabuhan Makassar secara rutin melakukan patroli dialogis di wilayah hukumnya seperti pemukiman penduduk, objek vital serta jalan yang sepi hingga perbatasan wilayah," kata Kasi Humas Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Hasrul di Makassar, Rabu. 

Dia mengatakan patroli dialogis ini bertujuan mempersempit ruang pelaku aksi kriminalitas di wilayah yuridiksi Polres Pelabuhan Makassar, khususnya di Kecamatan Ujung Tanah.

Menurut dia, dengan peningkatan aktivitas patroli di daerah rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), terutama pada malam hari, akan memberikan rasa nyaman dan aman pada warga setempat.

“Kegiatan patroli rutin pada malam hari ini dilakukan sebagai wujud kesiapsiagaan anggota kepolisian untuk antisipasi kerawanan Kamtibmas," ujarnya.

Selain itu, juga dapat berdialog langsung dengan masyarakat tentang apa masalah yang dihadapi dan pihak keamanan juga dapat memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada warga. 

Dia berharap dengan patroli dialogis ini mampu meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat. 

Hal itu diakui oleh Nurbaya, salah seorang warga Ujung Tanah. 

Dia mengatakan selaku pedagang eceran merasa sangat terbantu, karena bisa berjualan hingga larut malam tanpa ada rasa was-was ada gangguan keamanan. 

"Selain itu, patroli rutin dapat juga menurunkan tingkat kriminalitas, karena yang mabuk-mabukan semakin berkurang di sekitar rumahnya," ujarnya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024