Mamuju (ANTARA Sulbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menggelar penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai dan Kirab Pemilu 2014 yang diikuti pengurus partai politik dan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat.

"Kegiatan penandatangan deklarasi kampanye damai muaranya agar peserta Pemilu 2014 berkomitmen dan berkeinginan untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu yang damai dan berintegritas," kata Ketua KPU Mamuju Tri Winarno di lapangan Ahmad Kirang, Mamuju, Sabtu.

Kegiatan kampanye damai ini dihadiri langsung Wakil Bupati Mamuju, Ir. Bustamin Bausat, Ketua DPRD Mamuju, H Sugianto, Kapolres Mamuju, AKBP Eko Wagianto dan para pengurus Parpol peserta Pemilu.

Tri menjelaskan untuk menciptakan kampanye damai sepanjang Pemilu 2014 tentu harus didukung oleh semua elemen masyarakat dan peserta Pemilu sendiri.

"Mulai hari ini kita membacakan dan menandatangani deklarasi kampanye berintegritas agar sepanjang kampanye Pemilu 2014 yang mulai dilakukan besok (Minggu, 16/3) tidak ada kegiatan-kegiatan yang berdampak negatif bagi pesta demokrasi kita," ujarnya.

Karena itu, kata dia, kepada Parpol dan calon legislatif DPRD kabupaten/kota, provinsi, DPR RI dan DPD RI untuk memberikan pendidikan politik yang baik pada masyarakat.

Peran Parpol, kata dia, sangat diharapkan mampu memberikan pendidikan politik di masyarakat karena itu Parpol harus ikut mengkampanyekan Pemilu yang damai.

"Kami meminta agar parpol mentaati aturan sehingga tercipta pendidikan demokrasi yang baik bagi masyarakat Mamuju dan Indonesia umumnya," katanya.

Sementara itu, Wabup Mamuju, Bustamimn Bausat, mengharapkan agar Parpol tetap berada di garda terdepan untuk memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat.

"Semoga dengan deklarasi kampanye damai ini, maka penyelenggaraan Pemilu 2014 di Mamuju berjalan aman, damai dan lancar sehingga tercipta pendidikan pesta demokrasi yang baik terhadap masyarakat," katanya.

Setelah selesai melakukan penandatangan deklarasi kampanye damai, Parpol dan Caleg peserta Pemilu 2014 melanjutkannya dengan melakukan kirab Pemilu.

Kirab Pemilu 2014 mengambil rute Jalan Ahmad Kirang, Jalan Seokarno Hatta, Jalan KS Tubun, Jalan Sultan Hasanuddin hingga finish di lapangan Ahmad Kirang. Agus Setiawan

Pewarta : Oleh Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024