Makassar (ANTARA) - Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) sebagai satu dari empat subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menyediakan jasa di bidang marina, peralatan dan pelabuhan utilitas.

"Hal ini sejalan dengan visi SPJM sebagai pemimpin jasa kemaritiman yang terintegrasi dan berkelas dunia dengan menjadi Service and Operational Provider, terus diwujudkan dalam layanan ke seluruh stakeholder," kata Sekretaris Perusahaan SPJM Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar di Makassar, Senin. 

Dia mengatakan sebagai perusahaan subholding dari Pelindo, SPJM yang bergerak memberikan layanan marina, peralatan (equipments) dan jasa utilitas (port services atau port utilities), sering disingkat dengan MEPS.

“Layanan-layanan ini disediakan SPJM melalui anak-anak usaha dan wilayah di kelolaannya,  seperti jasa pemanduan, jasa penundaan, transportasi crew kapal, agensi kapal, dan ke depannya akan dikembangkan layanan untuk memenuhi kebutuhan BBM untuk kapal," kata Patrick.

Sementara layanan peralatan (equipments) mencakup penyediaan peralatan pendukung, pemeliharaan peralatan dan fasilitas, penjualan spare parts, konstruksi fasilitas pelabuhan, elektrifikasi peralatan, dan perbaikan kapal.

Layanan utilitas berupa pengerukan (dredging) yang terbagi dalam pemeliharaan dan pengembangan alur. 

Selain itu, terdapat layanan utilitas dan energi dengan penyediaan air bersih untuk kapal. Pasokan listrik untuk kapal (shore connection atau onshore power supply), penyediaan listrik pelabuhan, serta pasokan perbekalan kapal. 

"SPJM memiliki 8 anak usaha yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk., PT Pelindo Marine Service, PT Equiport Inti Indonesia, PT Jasa Peralatan Pelabuhan, PT Energi Pelabuhan Indonesia, dan PT Pengerukan Indonesia, PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA), dan PT Lamong Energi Indonesia," jelas Patrick.

SPJM juga memiliki 3 cucu perusahaan yaitu PT Alur Pelayaran Barat Surabaya, PT Berkah Multi Cargo, dan PT Pelindo Energi Logistik. Dengan keberagaman segmen bisnisnya, SPJM mampu menyediakan integrated one stop service bagi pengguna jasanya.

Manajemen SPJM berharap bisa memperoleh lebih banyak kepercayaan lagi dari berbagai pihak yang membutuhkan layanan untuk marina seperti pemanduan dan penundaan di berbagai tempat. Demikian juga dengan layanan utilitas seperti air dan listrik ramah lingkungan dengan menggunakan Onshore Power Supply (OPS), serta mendapatkan layanan pengerukan.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024