Makassar (ANTARA) - Bandara Internasional Sultan Hasanuddin melayani 37 kelompok terbang (kloter) dengan total jamaah calon haji (JCH) sebanyak 16.649 orang untuk Embarkasi Makassar yang membawahi 10 provinsi di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

"Bandara ini menjadi salah satu bandar udara yang melayani embarkasi haji pada 2024. Sebanyak 37 kloter dengan 16.649 calon haji akan diterbangkan langsung melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin," kata General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Taochid Purnomo Hadi di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, kloter pertama sebanyak 442 orang berasal dari Makassar sudah diterbangkan dengan menggunakan Garuda Indonesia GA 1201 tipe Boeing 747-400 pukul 17.00 WITA menuju Madinah, Arab Saudi.

Menurut dia, demi kelancaran operasional pelaksanaan layanan embarkasi haji 2024, PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin berkoordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait seperti Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Kementerian Agama, TNI/Polri, Perum LPPNPI (Airnav), Kantor Imigrasi, Kantor Bea Cukai, Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Makassar, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Perum Damri, dan pihak lainnya.

“Kami telah melakukan koordinasi dan mempersiapkan dengan matang agar penerbangan haji tahun ini berjalan dengan lancar dengan mengedepankan prinsip keselamatan, keamanan, dan layanan yang sesuai.” ujar Taochid.

Pihak pengelola bandara juga sudah menyiapkan 100 petugas yang terdiri atas petugas Airport Security (Avsec), Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF), Airport Technical, dan Airport Movement Control (AMC) untuk proses pemeriksaan keamanan, layanan pendampingan dan keselamatan. Serta didukung dengan sarana berupa peralatan pendukungnya.

Dia menambahkan, fasilitas utama seperti landasan pacu dan area parkir pesawat dalam kondisi prima dan siap digunakan.
  Suasana pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter I Emarkasi Makassar di kawasan Wisma Asrama Haji Sudiang, Makassar, Minggu (12/5/2024). ANTARA/Suriani Mappong

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bandara Hasanuddin layani 37 kloter JCH Embarkasi Makassar

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024