Mamuju (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengirim dan memasarkan sebanyak 2.000 ekor kambing ke Pulau Kalimantan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah itu.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Sulbar Syamsul Ma'arif di Mamuju, Selasa, mengatakan sejak Januari hingga bulan Mei 2024 tercatat sebanyak 2.000 ekor dari Sulbar dipasarkan ke pulau Kalimantan, di antaranya Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Ia mengatakan Sulbar menjadi daerah penyangga kebutuhan daging ke pulau Kalimantan, sehingga Pemprov Sulbar terus berupaya meningkatkan sektor peternakan.

Oleh karena itu, kata dia, Pemprov Sulbar menggelar pelatihan magang peningkatan kapasitas petugas dan peternak bekerja sama dengan perusahaan UD Kambing Burja Navy Farm.

Ia mengatakan, perusahaan tersebut telah mengembangkan peternakan kambing dan domba dengan kualitas genetik unggulan yang berjumlah 2.300 ekor induk.

"Pemprov Sulbar berterima kasih kepada perusahaan tersebut karena telah membantu memberikan pelatihan peningkatan kapasitas petugas dan peternak," katanya.

Ia berharap melalui kegiatan magang ini dapat menjadi langkah baik untuk meningkatkan pengetahuan petugas peternak dan juga upaya untuk peningkatan populasi dan mutu genetik ternak kambing yang ada di Sulbar.

"Diharapkan agar sektor peternakan kambing di Sulbar dapat terus meningkat sehingga akan mendorong pembangunan ekonomi daerah," katanya.

  Pemprov Sulbar bekerja sama dengan perusahaan UD Kambing Burja Navy Farm menggelar pelatihan magang peningkatan kapasitas petugas dan peternak, di Mamuju, Selasa (28/5/2024).  ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulbar

 

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024