Jakarta (ANTARA) - Dua pebalap Lenovo Ducati Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini memberi kemenangan sempurna bagi pabrikan di balapan kandang mereka, MotoGP Italia, yang digelar di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu.

Tak hanya menjadi kemenangan istimewa bagi Ducati, ini juga menandai kemenangan beruntun Bagnaia akhir pekan ini setelah menjuarai Sprint sehari sebelumnya, Sabtu (1/6).

Selain itu, ini juga menjadi kemenangan ketiga Bagnaia di Mugello sejak diraihnya pada 2022 dan 2023.

Sementara itu, Bastianini juga mencatatkan prestasi yang jauh lebih baik dibandingkan musim lalu di negara asalnya, dengan finis P2. Tahun lalu, ia hanya mampu menyelesaikan balapan di posisi kesembilan.

Bastianini hanya tertinggal 0,799 detik dari rekan setimnya. Sedangkan Jorge Martin (Prima Pramac) melengkapi podium dengan selisih waktu 0,924 detik dari Bagnaia.

Bagnaia tampil tak terputus dan solid sejak awal balapan utama, dengan langsung merebut keunggulan dari pole sitter Martin sekaligus mempertahankannya di balapan dengan total 23 lap.

Juara bertahan yang harus mengawali balapan dari posisi kelima itu langsung menyalip empat pebalap di depannya, yakni Bastianini, Marc Marquez (Gresini Racing), Maverick Vinales (Aprilia Racing), dan Martin.
 

Bahkan dengan Bastianini yang start dari posisi keempat, ia mampu mempertahankan posisinya dan bertahan di posisi tiga besar hampir sepanjang balapan.

Kedua pebalap Ducati yang mengusung desain livery dan seragam khusus yang terinspirasi dari warna timnas Italia itu terus mendominasi jalannya balapan dan menghalangi laju Martin dari depan dan belakang.

Posisi Bastianini beberapa kali terancam oleh Marc Marquez yang begitu dekat dengannya. Bahkan, di beberapa lap terakhir, pebalap asal Spanyol itu merebut posisi ketiga darinya.

Meski demikian, Bastianini yang tetap tenang tak terburu-buru memanfaatkan momentum untuk merebut kembali posisinya. Hingga akhirnya di lap terakhir, ia langsung mengambil jarak dari Martin dan merebut posisi kedua MotoGP Italia 2024.

Daftar 10 besar MotoGP Italia kali ini diisi oleh Marc Marquez, Pedro Acosta (GASGAS Tech3), Franco Morbidelli (Prima Pramac), Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46), Vinales, Alex Marquez (Gresini Racing), dan Brad Binder (KTM Banteng Merah).

Klasemen sementara sejauh ini masih dipimpin oleh Martin dengan 171 poin. Di belakangnya ada Bagnaia (153), Marc Marquez (136), Bastianini (114), dan Acosta (101).

Setelahnya, para pebalap akan tetap berada di Mugello untuk menjalani tes kedua MotoGP pada Senin (3/6).

Putaran selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Assen TT, Belanda, 28-30 Juni.Assen TT, Belanda, 28-30 Juni.


Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024