Makassar (ANTARA) -
DPRD Wajo melalui Ketua Komisi II DPRD Sudirman Meru melakukan penanaman pohon sebagai wujud peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Desa Waetuo, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu.
 
Penanaman pohon ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk Sekda Wajo, Forkopimda, aparat desa, siswa-siswi sekolah, dan sejumlah organisasi lingkungan.
 
"Kita berkumpul untuk melakukan aksi nyata demi kelestarian alam. Menanam pohon adalah salah satu langkah kecil, tetapi sangat berarti dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan mengurangi dampak perubahan iklim," ujar Sudirman melalui keterangannya di Makassar, Rabu.
 
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Sudirman menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.
 
Kegiatan penanaman pohon di Desa Waetuo itu, kata dia, diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Wajo untuk melakukan aksi serupa.
 
"Semoga apa yang kita lakukan hari ini bisa memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan generasi mendatang," ujar Sudirman.
 
Dengan semangat kebersamaan dan kepedulian lingkungan, lanjutnya, kegiatan tersebut menandai komitmen DPRD Kabupaten Wajo dalam mendukung program-program pelestarian lingkungan dan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan aksi nyata.

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sejumlah instansi juga menyemarakkan hari pelestarian lingkungan tersebut, seperti giat bersih-bersih pantai di Makassar oleh berbagai Komunitas Pemerhati Lingkungan, termasuk PT PLN UID Sulselrabar yang selain melakukan aksi bersih-bersih pantai, juga melakukan penanaman pohon serta memberikan pelatihan daur ulang kepada masyarakat Barombong, Makassar.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024