Makassar (ANTARA) - Pihak Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara telah melepas keberangkatan sebanyak 2.114 calon haji ke Tanah Suci, Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

"Jamaah gabungan asal Sultra di Kloter 35-UPG hari ini sudah berangkat semua ditambah jamaah asal Kabupaten Maros dan Gowa, Sulawesi Selatan," kata Kakanwil Kemenag Sultra H Muhamad Saleh saat disela proses pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) kloter 35-UPG di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Kamis.

Dia mengatakan JCH kloter 35-UPG asal Sultra terdiri atas calon haji dari Kota Baubau 142 orang, Kabupaten Bombana (138), Buton Tengah (31), Konawe (2) dan Kota Kendari (1). Ditambah Petugas Kloter 5 orang dan petugas haji daerah (PHD) 3 orang.

Sebelum diberangkatkan dengan menggunakan bus ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddih, digelar upacara pelepasan yang ditandai dengan penyerahan bendera merah putih dari Kakanwil Kemenag Sultra kepada Ketua Kloter 35-UPG di aula pemberangkatan Embarkasi Makassar.

Kakanwil Kemenag Sultra berpesan pada jamaah menjaga kekompakan dan saling menolong, serta menjaga kesehatan agar dapat menjalankan ibadah dengan baik.

"Ini adalah perjalanan haji merupakan perjalanan spiritual mendalam yang menjadi cita-cita dan harapan bagi setiap umat muslim, karena itu harus betul-betul dimanfaatkan dengan baik," katanya.

Selain menjaga kekompakan, Kakanwil juga berpesan mewakili Pemprov Sultra agar membawa nama baik daerah dan nama baik bangsa pada umumnya.

Sementara mengenai JCH berusia lansia pada pemberangkatan kloter ke-35 dan juga kloter sebelumnya, lanjut dia, diharapkan mentaati berbagai peraturan yang ada, selalu tertib dan khidmat dalam melaksanakan tuntutan ibadah.

"Jaga kesehatan agar rangkaian ibadah haji dapat diikuti semua dengan baik, sehingga harapan menjadi haji mabrur dapat dicapai," ujarnya.
  Proses pemberangkatan JCH kloter 35-UPG di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Kamis (6/6//2024). ANTARA/Suriani Mappong

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag Sultra lepas keberangkatan 2.114 calon haji ke Tanah Suci

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024