Makassar (ANTARA) - Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), kini menyediakan pelayanan khusus tumbuh kembang anak sebagai upaya menekan angka stunting di daerah itu.

Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangannya di Makassar, Jumat, mengatakan pelayanan tersebut merupakan hal penting karena usia anak-anak merupakan masa emas selama siklus kehidupan manusia.

"Ini adalah pelayanan paling penting untuk tumbuh kembang anak, karena kita tahu anak-anak adalah usia emas dalam pertumbuhan siklus manusia," ujarnya

Menurut Zudan, rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel itu bisa menjadi tempat rujukan agar anak-anak di wilayah itu bisa tumbuh sehat.

"Ini juga menjadi bagian dalam rangka penanganan anak-anak stunting. Jadi kita akan jadikan gerakan atau pusat layanan ini nanti sampai kabupaten kota dan di tingkat kecamatan," ucap Zudan.

Apalagi, kata dia, ini untuk mendeteksi anak yang ada gangguan sakit tertentu sampai pada tahapan-tahapan yang menghambat pertumbuhan anak.

Zudan berharap mudah-mudahan fasilitas tersebut bisa menjadi sarana untuk menciptakan generasi Indonesia yang cerdas, generasi Indonesia akhlakul karimah untuk menuju Indonesia Emas 2045.

"Selamat kepada Direktur RSKD Dadi, selamat Kepala Dinas Kesehatan atas semua upayanya, saya dukung penuh, upaya-upaya terus, memajukan kesehatan masyarakat di Sulawesi Selatan," ucap Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024