Makassar (ANTARA Sulsel) - Aparat TNI di jajaran Kodam VII/Wirabuana menegaskan siap menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif 2014 di Provinsi Sulawesi Selatan pada 9 April.

"Pada prinsipnya Kodam VII/Wirabuana beserta jajaran di seluruh wilayah Sulawesi siap menyukseskan Pemilu 2014," kata Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar di Makassar, Minggu.

Penegasan Pangdam itu disampaikannya melalui video conference atau komunikasi jarak jauh yang digelar Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman beserta Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Husni Kamil Malik terhadap 14 Kodam se Indonesia.

Pangdam VII/Wirabuana juga menyampaikan kesiapan jajarannya dalam mendukung kelancaraan distribusi logistik ke daerah-daerah di provinsi Sulsel, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat (Sulbar), Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menurut Pangdam, meskipun ada beberapa kodam yang meminta bantuan alutsista seperti helikopter pada KSAD, dirinya mengaku tidak mau merepotkan Mabes AD karena distribusi juga bisa dilakukan lewat laut.

"Kita masih bisa mendistribusikan logistik lewat jalur laut dan itu yang sudah kami lakukan. Sampai hari ini, 99 persen logistik itu sudah terdistribusi dan hanya menyisakan pulau-pulau terluar saja yang belum," ujarnya.

Sementara itu, dalam arahan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Mayjen TNI Bachtiar kepada seluruh Pangdam di jajarannya untuk menyukseskan pemilihan umum legislatif pada 9 April.

Mengenai permasalahan seperti pendistribusian logistik di daerah masing-masing itu harus dikoordinasikan secepatnya agar pemilu bisa berjalan serentak pada 9 April pekan depan.

KSAD Jenderal TNI Budiman menekankan kepada bawahannya agar pasukan TNI AD yang di bawah kendali operasi (BKO) Polri harus disiapkan secara baik dan maksimal, baik personel maupun perlengkapannya.

"Bantu kelancaran dan suksesnya pemilu serta beri rasa aman dan nyaman kepada para petugas pemilu dan masyarakat. Bantu semaksimal mungkin KPU Sulsel dalam pendistribusian logistik dengan tetap berpedoman teguh pada aturan yang ada," kata KSAD.

Pangdam dalam laporannya ke KSAD juga mengakui bahwa semua permasalahan pemilu di Sulsel cenderung cepat teratasi dan tidak menimbulkan gejolak yang dapat mengganggu jalannya pemilu,

"Sampai saat ini Sulsel sudah siap dan mengenai distribusi logistik pemilu itu sudah 99 persen berjalan lancar," kata Mayjen TNI Bachtiar.

Dalam acara video conference itu, Pangdam VII/Wirabuana juga menghadirkan para Asisten, Komandan Korem, Kabalak serta Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel Laode Arumahi. I Sulistyo

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024