Makassar (ANTARA) - Sebanyak 250 orang mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Makassar yang tergabung dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) mengikuti kegiatan leadership practice bela negara dan capacity buildiing..

"Kegiatan pendidikan bela negara ini berlangsung di Mako Lantamal VI/Makassar hingga 9 Juni 2024,".kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Rizki Ernadi Wimanda di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan sebanyak 230 mahasiswa berasal dari tiga perguruan tinggi negeri di Makassar, yaitu Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar diberikan pendidikan bela negara oleh pihak Lantamal VI Makassar.

Dia mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah sebagai ajang silahturahmi, penguatan keorganisasian dan memperluas wawasan kebangsaan di kalangan mahasiswa.

Selain itu, kata dia, untuk optimalisasi kemampuan GenBI dalam berorganisasi agar mampu berperan sebagai agen perubahan dalam pemberdayaan masyarakat, serta memperkuat pengetahuan kebanksentralan, sehingga dapat menjadi garda terdepan dalam mengkomunikasikan kebijakan terkini Bank Indonesia.

Rizki menjelaskan kegiatan ini merupakan wadah pembelajaran dan pengalaman yang berharga untuk mendorong semangat anak-anak muda agar semakin mencintai tanah air, serta memberikan kiat-kiat untuk membentuk jiwa kepemimpinan melalui 4AS, yaitu kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas, dan kerja ikhlas.

Sementara itu, Komandan Lantamal VI- Makassar, Brigadir Jendral TNI (MAR) Andi Rahmat M mengatakan Lantamal VI sebagai mitra Bank Indonesia (BI) Sulsel senantiasa saling mendukung dalam meningkat kapasitas sumber daya manusia (SDM).

"Oleh karena itu, kami all out untuk membantu BI dalam membentuk karakter generasi muda penerus bangsa," katanya.
 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024