Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Palopo, Sulawesi Selatan menggelar pangan murah dalam rangka menghadapi hari besar keagamaan nasional (HBKN) Idul Adha 1445 Hijriah/2024 serta pengendalian inflasi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Palopo, Andi Enceng Amir melalui keterangannya diterima di Makassar, Selasa, mengatakan, kegiatan yang digelar itu bekerjasama dengan Perum Bulog dan pemangku pangan lainnya.

“Hal ini dimaksudkan untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan menyediakan komoditi-komoditi utama atau strategis dengan harga yang terjangkau,” ujarnya.

Kegiatan ini  dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se-Sulsel dibuka secara resmi oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan,  Zudan Arif Fakrulloh secara virtual.

Andi Enceng mengatakan program ini juga dilaksanakan dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) untuk memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan dalam upaya pengendalian inflasi daerah.

"Jelang Idul Adha, komoditas-komoditas pokok strategis masih cukup tersedia dan terjangkau, begitu juga dengan pergerakan harga. Berdasarkan pantauan, saat ini masih cukup terkendali atau stabil,” katanya.

Ia pun berharap dari program yang digelarnya selama tiga hari itu, mulai Senin-Rabu (11-13), di Kantor Kecamatan Wara, masyarakat bisa memperoleh manfaat dari kegiatan yang dilakukan tersebut.

Sejumlah komoditi bahan pokok disediakan di antaranya beras, minyak goreng, tepung terigu, telur, dan cabai merah.

Kemudian ada bawang merah, bawang putih, daging ayam, gula pasir, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Disediakan pula bahan olahan pangan lainnya yang merupakan produk UMKM Kota Palopo.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024