Makassar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, daerahnya siap menjadi proyek percontohan (pilot project) pertanian yang mengoptimalisasi lahan rawa di Indonesia.

Prof Zudan dalam keterangannya di Makassar Jumat mengatakan, Kabupaten Pinrang merupakan salah satu daerah yang paling cepat dalam mengimplementasikan inisiatif ini.

"Saya berharap apa yang telah dilalukan di Sulsel dapat diterapkan di berbagai daerah di Indonesia, sebagai pertanian modern," kata Zudan saat menghadiri pesta panen padi di Kabupaten Pinrang.

Zudan dalam kesempatan tersebut juga berharap dengan optimalisasi lahan 500 hektare bisa ditingkatkan menjadi 5.000 hektare dan panen bisa meningkat, dari satu kali setahun menjadi dua kali.

Dia juga menyampaikan pentingnya mendorong para petani sebagai pahlawan pangan untuk senantiasa berproduksi dengan kualitas dan kuantitas yang baik.

Hal ini, lanjutnya, selain menjamin ketersediaan pangan, kesejahteraan para petani juga ikut menjadi indikator kesuksesan pemerintah dalam melayani masyarakat, terlebih Kabupaten Pinrang merupakan daerah dengan PDRB terbesar dari sektor pertanian padi.

Sementara itu, Pj Bupati Pinrang Ahmadi Akil saat menyampaikan sambutan berharap dukungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam pengembangan sektor Pertanian dan sektor lainnya tetap berlanjut.

Hal ini, lanjutnya, tentu tidak terlepas dari upaya Pemerintah Kabupaten Pinrang dalam mendukung program kedaulatan pangan yang ramai didengungkan oleh Pemerintah Pusat.

Selain hal tersebut, tugasnya selaku Pj Bupati Pinrang, salah satunya adalah dengan menjamin pelayanan dari seluruh sektor terutama pertanian tetap berjalan dengan baik dalam masa transisi Kepala Daerah definitif.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024