London (ANTARA) - Kementerian Pertahanan Denmark pada hari Sabtu menolak tuduhan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang rudal jarak menengah di Denmark setelah Moskow mengancam akan melanjutkan produksi rudal jarak menengah yang sebelumnya dilarang, menurut laporan media lokal.

Menurut Presiden Putin, dugaan rudal jarak menengah tersebut akan digunakan untuk pelatihan militer.

"NATO adalah aliansi pertahanan. Pencegahan dan pertahanan adalah salah satu tugas utama NATO, yang diperlukan mengingat Rusia yang agresif," menurut Kementerian Pertahanan Denmark.

“Pelatihan ini merupakan bagian penting dari upaya pencegahan yang sedang berlangsung. Tidak ada rudal jarak menengah yang dikerahkan di Denmark,” tulis kementerian tersebut kepada kantor berita Denmark, Ritzau.

Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah (INF) yang melarang penggunaan rudal nuklir dan konvensional berbasis darat dengan jangkauan antara 500-5.500 km ditandatangani oleh pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev dan Presiden AS Ronald Reagan pada tahun 1988.

Namun, Amerika Negara-negara menarik diri dari perjanjian pengendalian senjata pada tahun 2019, dengan alasan bahwa Rusia melakukan pelanggaran.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Putin mengklaim bahwa Rusia belum memproduksi rudal semacam itu sejak perjanjian tersebut ditandatangani.

“Saat ini, diketahui bahwa AS tidak hanya memproduksi tiga sistem rudal, tetapi telah menjualnya ke Eropa untuk pelatihan, ke Denmark. Baru-baru ini diumumkan bahwa sistem rudal tersebut ada di Filipina,” kata Putin dalam pertemuan dengan Kementerian Pertahanan. Dewan Keamanan Nasional Rusia.

Presiden Rusia mengancam akan memulai produksi sistem tersebut dan bahwa “berdasarkan situasi aktual,” Moskow akan memutuskan lokasi, “jika perlu untuk menjamin keamanan kita,” untuk menempatkan sistem tersebut.
Sumber: Anadolu 
 
 

Pewarta : Katriana
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024