Makassar (ANTARA) - Harga emas yang terus naik per hari telah memicu warga Sulawesi Selatan berburu emas untuk investasi.

"Harga emas hari ini Rp1.389.000 per gram pada posisi Juli 2024 turun tipis dibanding hari sebelumnya Rp1.395.000 per gram, memicu warga Sulsel membeli emas," kata Pemilik Toko Emas Cahaya, Alex di kawasan Somba Opu, Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, harga emas yang terus bergerak naik, memberikan animo warga Sulsel membeli emas di pusat penjualan emas di kawasan Somba Opu, Makassar.

Hal serupa juga diakui pedagang emas di Pasar Pattunuang, Makassar H Sulkifli.

Menurut dia, pembeli rata-rata dari luar Kota Makassar yang mengaku membeli emas untuk investasi.

Pembeli asal Kabupaten Wajo, Hj Syamsiah mengaku kebetulan mengurus bisnis di Makassar, sehingga sekalian membeli emas untuk dijadikan investasi.

"Harga emas terus naik, jadi ini akan menguntungkan jika berinvestasi emas," ujarnya.

Sebelumnya Analis Pasar Uang, Direktur Laba Forexindo, Ibramim Assuabibi mengatakan, harga emas di pasar dunia terus mengalami kenaikan.

Penyebab hal itu, karena sentimen pemangkasan suku bunga acuan The Fed dan perang dagang Tiongkok (dengan Eropa dan Amerika Serikat).

Sementara itu, PT Antam yang merupakan salah satu perusahaan milik negara ini mencatat harga emas Antam logam mulia pada Selasa(9/7), untuk ukuran paling kecil mulai dari 0,5 gram dihargai Rp744.500.

Sedangkan untuk harga emas Antam ukuran 1 gram dihargai Rp1.389.000 di luar pajak.
  Ilustrasi emas yang diperjualbelikan PT Antam, Tbk dengan patokan harga yang mencapai Rp1.389.000 per gram pada Selasa (9/7/2024). Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024