Makassar (ANTARA Sulsel) - Sekitar 400 perumahan tentara di jajaran Kodam VII/Wirabuana yang tidak layak huni akan direhabilitasi dengan menggunakan dana tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) dari PT Sinar Mas dan Mahakam Sumber Jaya senilai Rp6 miliar.

"Kami sangat bersyukur karena adanya sejumlah perusahaan yang perhatian dengan kehidupan tentara seperti dari PT Sinar Mas dan Mahakam Sumber Jaya yang sepakat memberikan bantuan kerja sama berupa rehabilitasi rumah tidak layak huni," ujar Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, bantuan rehabilitasi perumahan dari dua perusahaan itu akan mulai dilakukan tahun ini dan diperkirakan rampung akhir tahun ini agar prajurit TNI bisa merasakan hidup di perumahan yang layak huni.

Bantuan dari kedua perusahaan itu jika ditotal semuanya sebanyak Rp6 miliar dan dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama sudah dilakukan rehabilitasi pada akhir 2013 lalu dibeberapa perumahan termasuk Perumahan Pomdam VII/Wirabuana Jalan Kalimantan.

Pada tahap itu, sebanyak Rp3 miliar dihabiskan untuk merehabilitasi tempat tinggal sekitar 161 kepala keluarga (KK) termasuk rehabilitasi rumah di asrama Pomdam VII/Wirabuana yang telah menyelesaikan 20 KK dengan anggaran sekitar Rp400 juta atau Rp20 juta per rumah.

"Pada tahap I itu sudah dilakukan rehabilitasi rumah di asrama Pomdam di Jalan Kalimantan dan hampir semua bangunannya itu dibongkar kemudian dibangun ulang. Alhamdulillah sudah jadi 20 KK dengan anggaran cuma Rp400 juta," katanya.

Selanjutnya pada tahun ini, akan dilakukan perampungan asrama TNI dibeberapa jajaran termasuk asrama tentara di Kota Parepare, Manado dan lainnya.

Khusus untuk perumahan di asrama tentara Kota Parepare dimana semua bangunannya disana dibuat dari material bambu serta papan sehingga harus dirobohkan total kemudian membangun rumah permanen.

Kedepannya, dari total bantuan anggaran itu, pihaknya menargetkan merehabilitasi rumah prajurit sekitar 327 unit lagi yang tersebar dijajaran Kodam VII/Wirabuana dengan memperhatikan aspek kelayakan.

Sementara itu, Corporate Manager PT Sinar Jaya, Ekawijayanti Sinar Mas mengatakan, melalui sejumlah pilar bisnisnya menyerahterimakan rumah dinas yang telah direhabilitasi kepada jajaran Kodam VII/Wirabuana sebagai bentuk komitmen beberapa perusahaan nasional yang tahun lalu bersinergi mendukung kebijakan TNI AD melakukan rehabilitasi rumah dinas.

"Ketersediaan fasilitas perumahan itu sangat penting karena tempat tinggal yang memadai dapat membuat mereka lebih optimal menjalankan tugas yang tidak ringan yakni menjalankan tugas pertahanan keamanan nasional sekaligus fungsi sosial kemanusiaan," katanya. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024