Kupang, 22/11 (ANTARA) - Rotary Club Australia dari Burlley Griffin Canberra memberikan bantuan kemanusian kepada masyarakat di Pulau Sabu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) berupa peralatan sumur gali untuk mengatasi krisis air bersih yang dialami rakyat di wilayah tandus itu.

Selain sumur gali, lembaga tersebut juga memberikan bantuan pendidikan berupa buku pelajaran kepada murid sekolah dasar (SD) di Kecamatan Alak Kota Kupang sebagai salah satu upaya meningkatkan SDM anak didik, kata Asistent Governor Rotary Club Distrik 3400 Indonesia, Guido Fulbertus di Kupang, Sabtu.

"Bantuan tersebut sudah diserahkan semuanya oleh President Rotary Club Burlley Griffin Canberra, Bill Andrews kepada masyarakat serta anak-anak sekolah yang membutuhkan," kata Fulbertus.

Pulau Sabu yang berjarak sekitar 115 mil dari Kupang, ibukota Provinsi NTT merupakan daerah tandus yang minim sumber mata air, sehingga bantuan peralatan sumur gali dari Rotary Club Australia tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat setempat untuk mendapatkan sumber air tanah.

Sementara itu, tambahnya, bantuan buku pelajaran tersebut diberikan kepada tiga SD di Kecamatan Alak, dengan masing-masing sekolah mendapatkan 116 judul buku sebanyak 258 eksemplar.

Buku pelajaran tersebut adalah Super IPA, Limbah Beracun, Super Matematika, Buku Pintar Anak, Buku Pintar Siswa Berprestasi, Kamus Cerita Bergambar, Flora dan Fauna Nusantara, Sumber Energi dan Pencemaran Lingkungan.

Fulbertus menambahkan, dalam waktu dekat Rotary Club dari negara-negara Eropa seperti Jerman dan Belanda juga akan memberikan bantuan yang sama untuk masyarakat di NTT.

"Kami sedang menyusun kebutuhan bagi masyarakat di daerah ini sehingga bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran sehingga berguna bagi masyarakat," ujarnya.***8***

L003/B/A011)

(T.L003/B/A011/A011) 22-11-2008 13:25:33

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024