Makassar (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menunjuk Makassar sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM Fest) 2024 yang akan diikuti oleh 50 kota dari sembilan provinsi.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Senin, menyambut baik kegiatan KIM Fest 2024 yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo RI.

"Sebagai tuan rumah kita ingin KIM Makassar menjadi percontohan bagi kabupaten dan kota lainnya di Indonesia," ujarnya.

Danny - sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan bukan cuma KIM Fest yang diharapkan menjadi percontohan tetapi pelaksanaan kegiatan lainnya seperti UMKM Fiesta.

Ia mengaku jika Kota Makassar sudah terbiasa menjadi tuan rumah kegiatan bertaraf internasional, apalagi dengan adanya citra atau branding baru kota Makassar yakni sebagai kota festival tepian air.

"Saya terima kasih kepada pak menteri telah menunjuk Makassar sebagai tuan rumah dan kami akan berusaha maksimal menyukseskan kegiatan tersebut dan membuat semua peserta bisa bahagia berada di Makassar," katanya.

Sementara itu, Plt Dinas Kominfo Ismawaty Nur mengatakan kegiatan ini akan diikuti 50 KIM dari sembilan provinsi.

Yakni, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Jawa Tengah.

"KIM ini membantu menyebarkan program pemerintah daerah. Kegiatan ini juga akan diramaikan dengan puluhan UMKM-UMKM terbaik yang ada di lorong-lorong," terangnya.

Termasuk membuka pelayanan, seperti KTP, pembayaran air PDAM, PBB oleh Bapenda, hingga NIB untuk pelaku UMKM bekerja sama dengan Dinas PM-PTSP.

"Ada pameran KIM, kita akan membawa tim KIM ini mengunjungi lorong wisata, museum, dan war room. Termasuk memberi awarding," ucapnya.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024