Makassar (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan mencatat omzet atau penjualan UMKM pada Fiesta UMKM yang digelar di Makassar, pada 4-6 Agustus 2024 mencapai Rp 115 juta.

Plt Ketua Dekranasda Sulsel Ninuk Triyanti Zudan dalam keterangannya di Makassar, Kamis, mengatakan acara UMKM Fiesta 2024 sengaja digelar sebagai wadah bagi para pelaku UMKM untuk memperkenalkan berbagai produknya sekaligus sebagai wadah mempertemukan para pelaku usaha dari berbagai daerah. di Sulawesi Selatan.

Dijelaskannya, kegiatan ini menjadi wujud nyata upaya pengembangan IKM dan UMKM yang dilakukan Dekranasda dalam mendorong terciptanya dan berkembangnya kegiatan ekonomi baru, serta melestarikan citra budaya daerah.

Diharapkan melalui acara kerjasama Dekranasda, DPMPTSP Provinsi Sulsel dan Hotel Mercure semakin menciptakan peluang ekonomi baru, membuka lapangan kerja dan meningkatkan ketahanan ekonomi rumah tangga yang turut berkontribusi dalam upaya menjaga stabilitas sistem perekonomian. .

“Kami berharap melalui UMKM Fiesta ini, para pelaku UMKM dapat lebih terpacu untuk berinovasi, berkreasi, sehingga mampu meningkatkan daya saing baik di pasar lokal, nasional, maupun internasional,” jelas

General Manager Hotel Mercure Nexa. Wiwied Nurseka mengakui antusiasme para pelaku UMKM sangat tinggi dan menunjukkan kreativitas dalam mengembangkan produknya.

Kesuksesan acara ini tidak lepas dari dukungan Ketua Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Korea Selatan serta seluruh pihak yang terlibat, ujarnya.

Selama tiga hari kegiatan, penjualan mencapai Rp 115,5 juta. Nilai tersebut pun meningkat tiga kali lipat jika dibandingkan dengan omset pelaksanaan pada tahun 2023.

Menurutnya, keberhasilan pelaksanaan kegiatan yang diberi nama Dekranasda Sulsel ini tidak lepas dari instruksi dan dukungan Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan. Arif Fakrulloh dan Pj Ketua Dekranasda Sulsel, Ninuk Triyanti Zudan.

“Kami berharap acara ini dapat kembali diselenggarakan dengan berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.
 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024