Makassar (ANTARA Sulsel) - Dua pesilat Pelatnas asal Sulawesi Selatan, Awaluddin dan Johan, sukses menembus final setelah mengalahkan lawannya dibabak semi final Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu.

Pelatih silat Sulsel Muhammad Arham, saat dihubungi dari Makassar, mengatakan Awaluddin berhasil merebut tiket final setelah mengalahkan pesilat asal Kaltim di kelas A. sementara Johan yang turun di kelas B meraih kemenangan dari pesilat DKI Jakarta.

"Adapun Syaiful pada kelas F gagal masuk final setelah dikalahkan pesilat tuan rumah DKI Jakarta. Untuk Awaluddin dan Johan, kami harapkan kembali bisa mengeluarkan kemampuan terbaikya sekaligus merebut medali emas pada final besok (Minggu)," katanya menjelaskan.

Terkait keberhasilan dua atlet pelatnas SEA Games 2015 itu, kata dia, sekaligus membuktikan bahwa pesilat tersebut memang layak memperkuat timnas. Pihaknya juga optimistis dengan peluang keduanya tampil sebagai juara.

Apalagi, lanjut dia, keduanya memang memiliki pengalaman dan modal sebelum berlaga di kejurnas. Johan misalnya, pesilat yang masih berstatus mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) itu merupakan peraih emas di kejuaraan internasional di Thailand 2012 dan Belgia 2013.

Sementara Awaluddin yang sukses masuk final SEA Games 2013 juga memiliki potensi setelah sebelumnya juga sukses di PON 2012 serta berhasil meraih emas pada Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) ASEAN XVI di Viantine, Laos, 12-20 Desember 2012.

Keduanya juga berhasil menyumbangkan medali perak dan perunggu saat memperkuat timnas di SEA Games Myanmar 2013.

Menghadapi kejurnas 2014, kontingen Sulsel menurunkan 18 pesilat diantaranya Nursyamsul Fajrin (Kabupaten Bantaeng/kelas D putra), Syaiful (Bantaeng/kelas E putra), Iqbal (Makassar/kelas F putra).

Selain itu, Saldi (Bantaeng/kelas G Putra), Muslim (Kabupaten Luwu/kelas I Putra), Delvianti (Bantaeng/kelas A putri), Sumerli (Makassar/kelas B putri), Raizatulhusna (Kabupaten Luwu/kelas C Putri), Kasmawati (Kabuaten Soppeng/kelas D putri), Purnamasari (Kabupaten Luwu/kelas E putri) Agustina dari Kabupaten Soppeng di kelas F putri.

Adapula Febri Arisandi (Makassar/seni tunggal putra) dan Oktaviani yang tampil di kategori seni atau TGR tunggal putri.  Ridwan Ch

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024