Makassar (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Rauf Malaganni melepas 86 sekolah yang merupakan peserta gerak jalan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia tingkat kabupaten guna menumbuhkan rasa nasionalisme pemuda.

Sebanyak 86 sekolah itu terdiri dari SD 48 sekolah, SMP/MTS 22 sekolah, dan SMA/SMK 16 sekolah.

"Gerak jalan antar-pelajar ini rutin kami laksanakan setiap tahunnya sebagai cara untuk meningkatkan kekompakan antar-pelajar yang ada," kata Abdul Rauf di Gowa, Selasa.

Dengan kekompakan tersebut, lanjutnyam akan menghasilkan hal-hal positif, khususnya membentuk rasa nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda agar mampu meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan.

Menurutnya, menumbuhkan sikap nasionalisme pada diri setiap orang harus dimulai dari sekarang. Melalui gerak jalan pelajar ini, ia meminta agar seluruh peserta mampu mencintai Tanah Air.

Lebih lanjut Abdul Rauf menyampaikan keikhlasan berjuang untuk meraih kemerdekaan harus melekat erat dalam sanubari seluruh generasi muda, terutama dengan karya nyata yang berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

"Pelajar sebagai generasi pemegang tahta kekuasaan dan calon pemimpin bangsa mempunyai peranan yang sangat strategis  dalam menentukan masa depan dan arah bangsa, sehingga melalui gerak jalan ini diharapkan para generasi muda kita mampu menanamkan sifat perjuangan itu," ucap Abdul Rauf.

Salah satu peserta Safa Rafika Jufri dari SD Negeri Pao-Pao (nomor urut 3) mengaku sangat bersemangat mengikuti gerak jalan ini meskipun panas terik. "Ini baru pertama kali, jadi sangat antusias. Apalagi sudah latihan setiap hari, jadi pasti semangat jalan sekaligus tambah pengalaman," katanya.

Adapun rute yang dilalui oleh para peserta dimulai dari Jalan Masjid Raya ke arah Jalan Kacong Dg Lalang, lalu belok kanan ke Jalan Andi Tonro menuju Jalan Basoi Dg Bunga, dan finis di Jalan Masjid Raya.

Turut hadir pada acara ini Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf, Forkopimda Gowa, dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024