Makassar (ANTARA) - Warga di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paotere di Jalan Sabutung, Makassar, Sulawesi Selatan menggelar lomba bakar ikan untuk memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kegiatan ini sekaligus untuk mempererat hubungan silaturrahim dan memupuk jiwa sosial berbagi konsumsi. Komunitas kami menggelar lomba bakar ikan ini untuk memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI sekaligus mempererat silaturahim antarwarga,” kata Ketua Komuitas Baruga, Mulyadi, di Makassar, Sabtu.

Kegiatan yang rutin digelar setiap HUT Kemerdekaan sejak 2006 itu, lanjut dia, sebagai wujud kesyukuran dalam memupuk rasa kebersamaan dan persaudaraan.

Selama ini keberadaan Komunitas Baruga berperan untuk saling menutupi dan membantu warga yang kesulitan. Sebagai gambaran, saat terdapat warga yang kekurangan sembako, maka hasil urunan komunitas diberikan kepada warga yang membutuhkan.

Hal itu juga diakui warga Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Syamsiah. Dia mengatakan, Komunitas Baruga selalu mengambil peran baik dalam kegiatan sosial maupun lingkungan. Termasuk dalam memperingati hari-hari nasional seperti HUT Kemerdekaan yang dimeriahkan dengan lomba bakar ikan.

Lomba bakar ini digelar di depan rumah masing-masing di sepanjang gang ataupun jalan raya. Hasilnya akan dijejerkan di depan juri, di mana yang memiliki hasil olahan ikan bakar terbaik dari sisi cita rasa ataupun penampilannya ditetapkan sebagai pemenangnya.

“Rasa dan tata hidangannya yang akan menjadi penilaian juri,” kata Mulyadi yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Lomba Bakar Ikan.

Seusai juri memberikan penilaian, semua warga berkumpul dan makan ikan bersama.


Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024