Mamuju (ANTARA Sulbar) - Kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat membutuhkan pembangunan pelabuhan kota niaga untuk mendukung akses ekonomi perkotaan.

"Mamuju yang segera akan menjadi kotamadya mesti segera membangun pelabuhan kota niaga agar akses masyarakat meningkatkan ekonominya, dapat lebih cepat," kata Ketua Komite Tetap Tata Niaga Bangunan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulbar, Ilham Zainuddin, di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan pemerintah mesti memfasilitasi dibangunnya pelabuhan niaga di Kota Mamuju agar masyarakat yang menggunakan jalur perdagangan laut dapat terbantu.

"Transportasi laut untuk usaha perdagangan perlu didukung karena daerah ini daerah maritim dan kepulauan, pemerintah mesti memfasilitasi dibangunnya di pelabuhan laut Mamuju," katanya.

Menurut dia, pengusaha di Mamuju sangat membutuhkan pelabuhan sebagai sarana melakukan perdagangan antara daerah, sehingga pengusaha yang aktivitasnya berpusat di Kota Mamuju perlu dibantu karena itu juga akan mendukung meningkatnya perekonomian daerah.

Ia mengatakan, Mamuju merupakan daerah terbuka yang menjanjikan untuk dikembangkan meningkatkan ekonominya karena didukung sumber daya alam yang melimpah, disegala bidang baik, pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan pertambangan.

Oleh karena itu ia sangat berharap dukungan sarana dari pemerintah membangun infrastruktur yang dapat mendukung upaya peningkatan ekonomi tersebut.

"Ekonomi rill tetap juga mesti ditata dan dikembangkan pemerintah di Kota Mamuju dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia akan menjadi pondasi ekonomi daerah ini mesti terjadi krisis," katanya. Agus Setiawan

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024