Mamuju (ANTARA) - Komandan Kodim (Dandim) 1427/Pasangkayu Letkol Czi Dony Siswanto mengatakan patroli gabungan TNI-Polri yang sedang berlangsung di salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Barat itu dimaksudkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terkait pelaksanaan pilkada serentak 2024.

"Patroli gabungan yang dilaksanakan Kodim Pasangkayu dan Polres Pasangkayu sebagai langkah antisipatif untuk mencegah potensi gangguan Kamtibmas jelang pilkada," kata Letkol Dony Siswanto di Pasangkayu, Selasa.

Ia mengatakan patroli dilaksanakan pada area strategis seperti kantor perbankan, kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan kantor Panwas Kecamatan diseluruh wilayah Kabupaten Pasangkayu.

Menurut dia, TNI dan Polri berkomitmen menjaga keamanan Pilkada agar berjalan aman dan lancar tanpa hambatan, hingga seluruh tahapan penyelenggaraan pilkada selesai.

"Sinergi antara TNI dan Polri sangat penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat, dan untuk memastikan semua elemen masyarakat dapat berpartisipasi dalam Pilkada dengan tenang dan aman," ujarnya.

Menurut dia, saat ini tahapan pilkada rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) berlangsung di seluruh PPK di Kabupaten Pasangkayu, yang diharapkan dapat berjalan aman lancar dan damai.

Ia berharap suasana aman serta kondusif dapat terus terjaga dan terpelihara hingga selesainya Pilkada 2024 di Kabupaten Pasangkayu.

Juga diharapkan pilkada serentak itu dapat berlangsung aman, damai dan demokratis, serta sinergisitas yang dibangun TNI dan Polri didukung seluruh masyarakat.

Ia meminta personel TNI menjaga netralitas di pilkada dan meminta jajaran Koramil di seluruh Kabupaten Pasangkayu, untuk berperan aktif dalam menjaga wilayah agar pilkada berjalan sesuai harapan berbagai pihak.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024