Makassar (ANTARA) - Politeknik ATI Makassar meningkatkan minat baca melalui Book Fair 2024  bertajuk "Literasi Mewujudkan Minat Baca dalam Rangka Menyongsong Generasi Emas" di Aula Politeknik ATI Makassar, Selasa (10/9).

Ketua Unit Perpustakaan Politeknik ATI Makassar, C. Elisa Martina Katili dalam keterangannya, Rabu, mengatakan Book Fair  dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca mahasiswa serta mampu memahami informasi di era digital.

Berbagai kegiatan digelar untuk menyemarakkan acara ini, di antaranya Sosialisasi Aplikasi iLibkemenperin yang disampaikan oleh Perpustakaan Kementerian Perindustrian.

Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mempermudah akses literasi digital bagi civitas akademika dan masyarakat.

Selain itu, acara ini juga diisi dengan Bedah Buku karya dosen Politeknik ATI Makassar, yang bertujuan untuk memberikan wawasan tambahan mengenai hasil karya dan riset akademik.

Pemilihan Duta Baca menjadi salah satu acara yang menarik perhatian peserta, di mana para finalis diharapkan mampu menjadi role model dalam meningkatkan kesadaran literasi.

Tidak ketinggalan, Lomba Esai turut digelar dengan tema seputar literasi dan inovasi, yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai jurusan.

Pameran buku dari tiga penerbit ternama juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mendapatkan referensi buku-buku terbaru dan berkualitas.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri dalam sambutannya, menekankan pentingnya acara ini sebagai upaya untuk menumbuhkan minat baca dan meningkatkan kualitas literasi di kalangan mahasiswa, yang akan menjadi pilar penting bagi terciptanya generasi emas Indonesia.

Ia menyebut, berdasarkan data yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

"Kami harap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan minat baca mahasiswa dan seluruh sivitas Politeknik ATI Makassar lainnya,"ujarnya.

Acara ini diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba esai dan apresiasi kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Book Fair 2024.(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024