Makassar (ANTARA Sulsel) - Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh menganugerahkan penghargaan adiwiyata tingkat provinsi kepada SMP Astra Makmur Jaya (AMJ), Senin.

Penghargaan diterima oleh Kepala Tata Usaha PT Letawa, Irwan Siregar.

Sekolah binaan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Letawa yang berlokasi di Kabupaten Mamuju Utara (Matra) ini dinilai sebagai sekolah yang berwawasan lingkungan.

"Dengan semangat adiwiyata, diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian dan kesadaran lingkungan sejak dini kepada anak-anak dan generasi penerus bangsa," kata Anwar Adnan Saleh.

Proses penilaian penghargaan ini cukup panjang. Diawali dengan proses administrasi dan kunjungan lapangan tim adiwiyata SMP di wilayah Kabupaten Matra, dilanjutkan dengan verifikasi dokumen dan kunjungan lapangan tim adiwiyata tingkat provinsi, barulah diputuskan bahwa SMP AMJ mewakili SMP tingkat provinsi.

Keberhasilan ini langsung direspon dengan rencana mengikutsertakan SMP AMJ untuk memperebutkan adiwiyata tingkat nasional tahun 2014.

Menurut Gubernur, kepedulian SMP AMJ terhadap lingkungan tidak hanya dilihat dari lingkungan sekolah yang hijau saja, melainkan juga dari semangat yang sudah muncul mulai dari visi misi sekolah, kurikulum yang berbasis dan berkarakter peduli lingkungan.

SMP AMJ memang banyak menerapkan isu-isu lingkungan. Dalam program kegiatannya pun mengutamakan kepedulian terhadap lingkungan. Selain ingkungan sekolah yang asri, kurikulum dan media pembelajaran juga berbasis lingkungan dan alam.

Kawasan sekolah juga menerapkan pengelolaan air yang peduli lingkungan dengan cara "recycle" air hujan, dan melakukan pengelolaan sampah anorganik.

Yang tidak kalah menarik, murid-murid sekolah ini pun aktif melakukan kegiatan konservasi penghijauan serta penanaman mangrove baik di lingkungan sekolah maupun masy sekitar. Di lingkungan sekolah juga didirikan Rumah Pintar dan Hijau Astra.

Penghargaan dari pemerintah provinsi Sulbar ini makin menambah apresiasi pihak luar kepada SMP AMJ, yang sebelumnya juga memperoleh penghargaan dalam "Indonesia Green Award 2014" yang diselenggarakan La Tofi School of CSR. Dalam event itu, SMP AMJ meraih penghargaan kategori "green school". ES Syafei

Pewarta : Agus Setiawan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024