Makassar (ANTARA) -
PT Pelindo (Persero) Regional IV Makassar Sulawesi Selatan menyiapkan dua produk kriya unggulan dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan untuk ikut pada Bazar UMKM Berkriyasi yang digelar Kementerian BUMN di Makassar pada Oktober 2024 mendatang.
 
Pihak Program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) Pelindo IV Fitri di Makassar Minggu menyebutkan, dua produk kriya itu yakni jam tangan kayu dan hiasan perahu phinisi sebagai ikon suku Bugis-Makassar. Produk tersebut dibuat oleh para perajin di Kabupaten Bulukumba.
 
"Jadi untuk produk kriya binaan Pelindo IV tidak banyak, hanya sekitar 200 UMKM, tapi kita memilih dua produk ini yang menjadi prioritas akan ditampilkan pada Bazar Kriya BUMN," ujarnya.
 
Fitri menyebutkan bahwa UMKM binaan PT Pelindo mencapai 2.645 UMKM yang tersebar di berbagai provinsi, seperti di bagian Sulawesi Selatan, Maluku, Papua, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.
 
"Kita memang sengaja akan menghadirkan dua UKM ini untuk membantu pemasaran produk. Apalagi kegiatannya akan diikuti oleh sekitar 21 perusahaan BUMN yang ada di Sulsel," katanya.
 
Bazar Berkriyasi BUMN ini merupakan giat tahunan yang perdana akan digelar di Kota Makassar pada 2024. Kementerian BUMN memilih dua kota selain Jakarta untuk menggelar bazar bagi pelaku UMKM tersebut, yaitu Makassar Sulawesi Selatan dan Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.
 
Kegiatan tahunan ini bertujuan agar UMKM naik kelas hingga siap menjadi produk ekspor, termasuk menjadi wujud dari perhatian Kementerian UMKM secara nasional. Selanjutnya, untuk memperkenalkan ke masyarakat bahwa Kementerian BUMN memiliki platform digital mengakses produk BUMN melalui PaDI UMKM.
 
Pelindo mencatat sebanyak 1.002 UMKM binaan di Sulawesi Selatan dengan 200 produk kriya atau kerajinan.
 
Sebelumnya, Project Manager Berkriyasi Dody Adnan mengemukakan bahwa memilih Kota Makassar bukan tanpa alasan, sebab berdasarkan data yang ditampung Kementerian BUMN, kerajinan dan produk kriya di Makassar berkembang pesat.
 
"Sekitar 120 jenis produk kriya akan tampil pada kegiatan yang akan digelar 14-27 Oktober 2024 mendatang," katanya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024