Makassar (ANTARA) - Salah satu pusat perbelanjaan di Kota Makassar Sulawesi Selatan, yakni Mal Ratu Indah (MaRI) dinobatkan menjadi gedung hemat energi dari ASEAN Energy Awards (AEA) 2024.

Chief Executive Officer KALLA Land & Property Ricky Theodores di Makassar Selasa, menyebutkan bahwa MaRI telah berhasil menunjukkan dedikasi dan komitmen kuatnya dalam menerapkan praktik efisiensi energi yang luar biasa, menjadikannya layak sebagai pemenang dalam kategori ini.

Salah satu unit bisnis KALLA Property ini meraih penghargaan AEA atas komitmen dan konsistensi perusahaan pengelola properti komersial dalam menerapkan praktik efisiensi dan konservasi energi.

“Tentu saja kami sangat bangga dan bersyukur dengan prestasi yang telah diraih oleh MaRI dalam Penghargaan ASEAN Energy Awards 2024. Apalagi dinobatkan sebagai Juara Kategori Gedung Hemat Energi Kategori Gedung Retrofit," ujarnya.

Mal Ratu Indah dinobatkan sebagai juara pertama atau The Winner of The Energy Efficient Building – Retrofitted Building Category of the ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Award 2024.

Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas inovasi dan kerja keras Mal Ratu Indah dalam menciptakan bangunan yang efisien secara energi.

"Ini adalah bukti nyata komitmen kami untuk berperan aktif dalam memajukan sektor energi bersih dan efisiensi di Indonesia. Penghargaan ini tidak hanya mengukir prestasi bagi MaRI, tetapi juga mewakili semangat kolaborasi dan inovasi yang kami anut,” kata Ricky.

Penghargaan dari ASEAN Center For Energy (ACE) atau organisasi antar-pemerintah negara-negara Asia Tenggara yang bertugas dalam mempercepat integrasi strategi energi serta katalisator pertumbuhan ekonomi kawasan ASEAN tersebut diterima langsung oleh Chief Executive Officer KALLA Land & Property, Ricky Theodores di Vientiane Laos, pada Jumat malam (27/9/2024).

Penghargaan yang juga diserahkan bersamaan dengan rangkaian 42nd ASEAN Minister on Energy Meeting (AMEM) and 24th ASEAN Energy Business Forum (AEBF)-24) tersebut turut dihadiri Greenship Department Head KALLA Land & Property, Daud Rianto.

ASEAN Energy Awards merupakan penghargaan tertinggi di Asia Tenggara yang diberikan untuk pencapaian luar biasa dalam bidang efisiensi energi dan konservasi, energi terbarukan, serta inisiatif-inisiatif terkait lainnya. Penghargaan ini diadakan setiap tahun oleh ASEAN Centre for Energy (ACE) dan diakui sebagai bagian dari ASEAN Ministers on Energy Meeting (AMEM), yang dihadiri oleh menteri-menteri energi dari negara-negara ASEAN.

Penghargaan ini bertujuan untuk mendorong dan memberikan pengakuan atas partisipasi sektor swasta yang lebih besar serta minat dalam pengembangan energi di wilayah ASEAN melalui kemitraan dengan sektor publik. Penghargaan tersebut terdiri atas tiga kategori, yaitu ASEAN Coal Awards, ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Awards, dan ASEAN Renewable Energy Project Awards.

Penghargaan itu diharapkan menjadi instrumen untuk mempromosikan teknologi batubara bersih (CCT), efisiensi energi, dan pengembangan energi terbarukan guna berkontribusi terhadap keberlanjutan energi, serta menyediakan mekanisme bagi organisasi untuk terus mencari, membandingkan, dan mengakui inisiatif serta praktik terbaik dalam pengembangan energi.

Ajang ASEAN Energy Awards tahun ini diikuti oleh 20 peserta yang merupakan perwakilan terbaik dari 10 negara ASEAN. Keberhasilan Mal Ratu Indah dalam bersaing dengan negara lain dan keluar sebagai juara adalah bukti konkret akan kompetensi dan inovasi yang dimiliki oleh KALLA Land & Property dalam mengembangkan properti komersial atau pusat perbelanjaan yang tidak hanya modern, tetapi juga peduli terhadap konservasi energi serta lingkungan hidup.

“Kami sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh ASEAN Center for Energy. Ini adalah dorongan besar bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif dalam pelestarian lingkungan dan penggunaan energi bersih di Indonesia,” tambah Ricky.

Ricky juga menyebutkan, KALLA Land & Property akan terus berkomitmen untuk menjadi agen perubahan dalam industri properti, dan pihaknya akan terus berupaya untuk menciptakan bangunan hemat energi dan berkelanjutan di masa depan.

"Terima kasih kepada seluruh tim yang telah berperan besar dalam pencapaian prestasi ini, dan kami berharap dapat terus menjadi teladan dalam upaya meningkatkan efisiensi energi di tanah air," ujarnya.

Penghargaan dari ASEAN Center for Energy yang berada langsung di bawah organisasi ASEAN melalui program ASEAN Energy Awards ini adalah kali kedua diterima KALLA Property.

Sebelumnya, NIPAH PARK juga dinobatkan sebagai pemenang Energy Efficient Building, kategori Tropical Building (ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Awards) mewakili Indonesia, pada 25 Agustus 2023 di Nusa Dua, Bali.
  Pihak KALLA Land & Property Ricky saat menerima penghargaan dari ASEAN Energy Awards (AEA) 2024 untuk Mall Ratu Indah di Vientiane Laos, Jumat malam (27/9/2024). ANTARA/HO-Humas Kalla (B).

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mall di Makassar jadi gedung hemat energi Asean Energy Award 2024

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024