Makassar (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bersama warga setempat bergotong royong melaksanakan Sabtu Bersih di sejumlah titik, seperti kanal, drainase, area pemukiman dan lainnya.
 
Pjs Wali Kota Makassar Andi Arwin Azis mengapresiasi kegiatan Sabtu Bersih yang mampu melibatkan masyarakat membersihkan sejumlah saluran drainase di Kelurahan Bara-Baraya.
 
"Kita melihat sinergitas luar biasa. Itu berarti pemimpin wilayah di sini berhasil membangun kebersamaan dengan masyarakat," kata Arwin usai memimpin kegiatan Pembersihan Kanal Bara-Baraya Timur dan Selatan, Sabtu.
 
Ia mengarahkan agar lurah, camat terus mengedukasi masyarakat untuk hidup bersih, seperti tidak buang sampah di Kanal dan secara rutin melakukan aksi gotong royong membersihkan saluran air.
 
"Kalau bisa itu terus disuarakan agar sampah di kanal tidak menumpuk lagi karena ulah oknum masyarakat yang masih membuang sampah di kanal," ucapnya.
 
Arwin menuturkan, pembersihan hari ini masih merupakan awal dan berharap konsistensi melaksanakan gerakan kebersihan.
 
Selain kanal, pihaknya juga menargetkan normalisasi drainase dan tentunya lingkungan sekitar warga.
 
Di samping itu, dia menjelaskan, pembersihan di saluran drainase itu penting untuk mengantisipasi musim hujan sehingga air hujan bisa mengalir tanpa terhambat oleh tumpukan sampah.
"Kota Makassar sudah mendapatkan Adipura tentu tugas saya untuk mempertahankan ini," kata dia.
 
Kehadiran Adipura, ujar Arwin yang juga menjabat Kasatpol PP Sulsel ini, bergantung pada kerja sama kolaborasi, sinergitas yang kuat antarwarga.
 
Menurut dia, masyarakat dan pemerintah harus membaur menjadi satu, membersihkan lingkungannya sehingga dalam penilaian nanti Makassar dapat kembali masuk kategori layak menerima.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024