Istanbul (ANTARA) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuding Israel sengaja menggunakan konflik regional sebagai dalih untuk membenarkan meningkatnya "pendudukan dan perluasan wilayah."

"Seperti di awal abad lalu, rencana licik untuk menggambar batas wilayah kita dengan darah telah dipraktikkan," kata Erdogan, Sabtu (5/10), merujuk pada rencana imperialis pada akhir Perang Dunia I.

Menurut dia, Israel hanya memanfaatkan konfliknya dengan kelompok Hamas Palestina, kelompok Lebanon Hizbullah, Yaman, Suriah, dan Iran sebagai alasan untuk membenarkan kejahatannya.

"Pemerintah Israel muncul dengan pembenaran baru setiap hari untuk melegitimasi kebijakan pendudukan dan invasinya," tutur Erdogan.

Sementara itu, masih menurut Erdogan, negara-negara Barat mengabaikan tindakan Israel karena rasa bersalah mereka atas peristiwa Holocaust.

Dia meminta para pendukung Israel untuk bertindak "rasional" dan berhenti mendukung kebijakan Tel Aviv.

"Jika tidak, api yang dinyalakan oleh pemerintah Israel yang haus darah tidak hanya akan membakar wilayah ini dan orang-orang yang tinggal di sini, tetapi juga Anda," ujarnya, memperingatkan.

Erdogan juga menggarisbawahi perlawanan Palestina terhadap perlakuan Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 atau hampir setahun yang lalu.

Tidak ada kejahatan dan kebiadaban yang dapat mematahkan perlawanan rakyat Gaza, katanya.

“Saudara-saudara kita di Gaza telah melawan penjajah Zionis dengan heroik selama 364 hari meskipun menghadapi segala kesulitan,” ujarnya.

Menegaskan kembali posisi Turki, Erdogan mengatakan Ankara akan teguh mendukung Gaza dengan segala cara yang bisa dilakukan.

Turki pun tidak pernah ragu untuk mengatakan hal yang sama di pertemuan-pertemuan PBB, seperti yang disampaikannya kepada publik dalam negeri, kata dia.

Turki adalah satu-satunya negara yang menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Israel, katanya.

Erdogan mendesak dunia Islam untuk mengambil langkah-langkah ekonomi dan komersial untuk mencegah agresi Israel.

"Itu lebih dari sekadar pilihan, melainkan kewajiban," ujarnya.

Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Erdogan: Israel manfaatkan konflik regional untuk perluas pendudukan

Pewarta : Yashinta Difa
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024