Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengda Special Olympic Indonesia (Soina) Sulawesi Selatan mengaku optimistis bisa menyumbangkan tujuh atlet terbaiknya memperkuat timnas Indonesia di Kejuaraan Dunia Special Olimpic World Summer Games di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), 2015.

Ketua Pengda Soina Sulsel Adil Patu, di Makassar, Kamis, mengatakan penentuan siapa saja atlet yang berhak mewakili Indonesia diajang internasional memang baru akan diputuskan dalam rapat bersama di Jakarta pean depan.

"Namun dari prestasi yang dicapai atlet kami saat berlaga di Pornas Soina Makassar 2014, kami optimistis bisa meloloskan tujuh atlet ke LA. Kami tentu akan menunggu kepastiannya dalam waktu dekat ini," jelasnya.

Pada pelaksanaan Pornas Soina VII di makassar, 22-27 Juni 2014, kurang lebih 10 atlet Sulsel yang turun di tujuh cabang olahraga memang berhasil menyumbangkan medali emas. Hasil ini tentu menjadi salah satu alasan Pengda Soina Sulsel menatap ajang internasional 2015.

Atlet yang terpilih, kata dia, akan memperkuat Indonesia pada sejumlah cabang olahraga yakni atletik, renang, bulu tangkis, sepak bola, basket, tenis meja dan olahraga bocce.

"Kita tentu berharap para atlet terbaik yang akhirnya terpilih demi menjaga peluang meraih hasil maksimal. Kita optimistis bisa menyumbangkan atlet terbaik kami ke kejuaraan dunia di Amerika," kata Ketua Komisi D DPRD Sulsel tersebut.

Sekretaris Pengda Soina Sulsel Jamal, juga mengakui besar peluang atlet Sulsel untuk memperkuat kontingen Indonesia di kejuaraan dunia tahun depan.

"Pornas Soina merupakan ajang seleksi untuk tampil di kejuaraan dunia. Kita cukup optimistis karena atlet kita yang memperkuat Sulsel A memang berhasil merebut delapan medali emas sehingga berpeluang memperkuat Indonesia," katanya.

Untuk menentukan siapa saja yang berhak mewakili Indonesia di ajang internasional, kata dia, masih akan dibahas bersama jajaran Pengurus Besar Soina di Jakarta. Atlet yang terpilih tentu merupakan atlet yang dinilai paling berpotensi mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia.

"Soal siapa atlet Sulsel yang terpilih, kami menyerahkan sepenuhnya ke PB Soina di Jakarta. Namun kami percaya bahwa atlet yang terpilih memang yang paling terbaik diantara yang baikpada Pornas Soina 2014," ucapnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, ketika memberikan sambutan di pembukaan kejuaraan Pornas Soina 2014 menyampaikan harapan besarnya agar ajang ini bisa melahirkan banyak atlet potensial yang bisa mengharumkan nama bangsa.

"Apakah Kalian bisa membawa Lagu Indonesia Raya berkumandang di Los Angeles. Sanggup kalian semua. Kami berharap bisa dilakukan," ujarnya. Agus Setiawan

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024