Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama dengan Dewan Pengurus (DP) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Nasional dan Sulsel menggelar ajang Korpri Run dalam memeriahkan HUT ke-53 Korpri pada 27 Oktober 2024.

"Kegiatan ini melibatkan seluruh ASN yang ada di Indonesia," ujar Ketua DP Korpri Provinsi Sulsel Moh Hasan Sijaya pada podcast "Sulsel Cast" yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Sulsel di Makassar, Selasa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel itu  menyampaikan kegiatan yang mengusung tema "Unity in Diversity"  tersebut muncul dari dorongan Pj Gubernur Sulsel yang juga Ketua DP Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan aktif di kalangan ASN serta masyarakat luas.

"Kami melibatkan teman-teman dari pusat dalam acara ini, sehingga agenda Korpri Run ini masuk juga dalam agenda kegiatan olahraga untuk pengurus Korpri di tingkat nasional," jelasnya.

Kegiatan yang baru pertama kalinya diadakan di Sulsel ini juga akan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-355 Sulsel.

Olehnya itu ia mengajak bukan hanya ASN, tetapi juga masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam Korpri Run tersebut.

"Ini masuk dalam rangkaian Hari Jadi, sehingga melibatkan umum, bukan ASN saja. Insya Allah pelaksanaan kegiatannya ini pada tanggal 27 Oktober nanti, startnya di Jalan Jenderal Sudirman, pas di depan rumah jabatan Gubernur Sulsel," ujarnya.

Ia berharap Korpri Run tersebut tidak hanya dilaksanakan pada tahun ini saja, tetapi juga di tahun-tahun berikutnya. "Dan menjadi harapan Bapak Gubernur juga dan harapan kita semua tentunya, bahwa kegiatan ini terus berlanjut setiap tahunnya dalam rangkaian HUT Korpri," jelasnya.

Panitia Pelaksana Korpri Run 2024 Rizki Melta mengatakan Korpri Run  akan dirangkaikan dengan pembagian bibit pohon kepada peserta. "Kami target sekitar 5 ribu peserta, dan akan diikuti oleh difabel, dengan dua kategori yakni 5K dan 10K," kata Rizki.

Bagi yang ingin ikut serta pada ajang itu, kata dia, dapat mengakses informasi lebih lanjut di akun instagram @korprirun. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan ASN.

"Kami juga akan membagikan tiga ribu bibit pohon kepada peserta saat pengambilan race pack," ungkap Rizki.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024