Mamuju (ANTARA) - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengingatkan seluruh personel kepolisian, termasuk personel Polresta Mamuju, untuk menjaga netralitas pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

"Saya mengingatkan bahwa netralitas sebagai anggota Polri harus tetap terjaga dengan tidak memihak kepada pasangan calon atau golongan tertentu," tegas Ketua Tim Kompolnas Pudji Hartanto Iskandar saat melakukan kunjungan kerja di Polresta Mamuju, Kamis.

Kompolnas juga mengingatkan peran aktif Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di tengah dinamika politik yang terus berkembang

"Kunjungan ini adalah bagian dari tugas pengawasan kami untuk memastikan bahwa Polresta Mamuju siap dalam hal sumber daya, sarana dan prasarana serta anggaran dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024," kata Pudji.

Menurut ia, kesiapan itu penting untuk menjamin kelancaran proses demokrasi serta keamanan masyarakat.

Kunjungan kerja Tim Kompolnas tersebut diharapkan dapat memberikan evaluasi menyeluruh atas kinerja Polri, terutama di Polresta Mamuju, dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024 agar berlangsung lancar, aman dan kondusif.

"Kami akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan secara intensif guna memastikan Polri mampu menjalankan fungsinya dengan baik sehingga tercipta keamanan dan ketertiban yang aman kondusif, selama proses pilkada berlangsung," jelas Pudji.

Sementara, Kepala Polresta Mamuju Komisaris Besar Polisi Iskandar menyampaikan kunjungan kerja Tim Kompolnas tersebut dalam rangka pengawasan pasca-pemilu dan memastikan kesiapan pengamanan tahapan pilkada yang sedang berlangsung.

"Kunjungan Tim Kompolnas, juga untuk pengumpulan data terkait SDM, sarana dan prasarana, anggaran serta operasional kepolisian di Polresta Mamuju," kata Iskandar.

Selain memantau kesiapan pengamanan pilkada, Tim Kompolnas juga mengadakan dialog interaktif dengan jajaran Polresta Mamuju untuk mendalami berbagai aspek operasional, termasuk pengelolaan anggaran dan pemanfaatan sarana serta prasarana yang ada.

Di hadapan Tim Kompolnas, Kapolresta Mamuju menyampaikan laporan dan paparan tentang kesiapan jajarannya dalam menjalankan tugas pengamanan Pilkada Serentak 2024.

Ia juga menjelaskan berbagai tantangan yang dihadapi, terutama dalam hal keterbatasan personel, sarana dan prasarana serta upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mengatasinya.

"Kami siap mengawal pilkada serentak dan telah melakukan berbagai terobosan, termasuk peningkatan kemampuan personel serta penambahan sarana prasarana yang dibutuhkan," kata Iskandar.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024