Makassar (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel Jufri Rahman, meminta warga untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan terkait pilkada serentak 27 November 2024.

"Semua harus berpedoman pada prinsip bahwa apapun warna yang ada, itu tidak membuat masyarakat Sulawesi Selatan menjadi terkotak-kotak, menjadi tidak harmonis," katanya pada puncak acara peringatan HUT Sulsel di Makassar, Kamis.

Jufri Rahman mengatakan Pemerintah Provinsi Sulsel pada peringatan HUT ke-355 ini mengusung tema Sulsel adalah rumah kita untuk semua. Tema ini mengandung pesan bagi seluruh masyarakat Sulsel yang berkaitan dengan dinamika politik Sulsel menjelang Pilkada.

Pada kesempatan itu ia kembali mengingatkan bahwa pilkada hanya sementara. Untuk itu, masyarakat diharapkan selalu kompak dan harmonis dalam menjaga Sulsel. Kekompakan dan keharmonisan itu harus terjaga.

"Jangan sampai euforia Pilkada membuat kita berselisih dan terpecah belah," pesan Jufri Rahman, mewakili Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh.

Jufri Rahman juga menyampaikan pesan mendalam bagi masyarakat Sulsel untuk turut menjaga persatuan dan kesatuan, sebagaimana yang telah diperjuangkan para pahlawan. 

Ia menjelaskan bahwa Sulsel dengan segala keragaman budayanya, adalah contoh nyata bahwa perbedaan bukanlah halangan untuk mencapai kemajuan, tetapi justru menjadi kekuatan yang memperkaya identitas Sulsel sebagai suatu entitas bernama bangsa.

"Dengan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, saya yakin Sulawesi Selatan akan menjadi lebih baik dan mampu melahirkan generasi yang memiliki gagasan-gagasan baru yang akan memperkaya dunia seni dan budaya kita," ujarnya.

Jufri Rahman mengaku percaya dengan sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat akan mampu membawa Sulsel menjadi salah satu pusat perkembangan ekonomi di Indonesia.

Ia juga berharap, HUT Sulsel ini dapat menjadi tradisi tahunan yang akan selalu dinantikan seluruh masyarakat. Tidak hanya di Sulsel, tetapi juga oleh seluruh diaspora yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia bahkan di seluruh penjuru dunia.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024