Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua DPR RI Adies Kadier mengatakan pihaknya mulai memproses pengajuan Pergantian Antar Waktu (PAW) terkait pada Anggota DPR RI periode 2024-2029 yang kini sudah diangkat menjadi menteri, wakil menteri, atau pejabat dalam Kabinet Merah Putih dalam pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.
 
"Mungkin dimulai satu sampai dua hari ini," kata Adies yang merupakan Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu di Kompleks, Parlemen, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan PAW di terhadap para anggota partai berlambang pohon beringin itu bakal dilakukan segera.

Menurut dia, Golkar tidak ingin ada kekosongan anggota-anggota dari Fraksi Golkar yang semestinya mengisi kursi di komisi-komisi. "Kami akan segera melakukan PAW untuk pengisian mereka-mereka yang telah menjadi menteri kabinet," kata dia.
 
Adapun Presiden Prabowo Subianto telah melantik para pejabat kabinet yang diisi sebanyak 109 anggota, yang terdiri dari 48 menteri dan 56 wakil menteri. Selain itu, Presiden juga telag melantik pejabat-pejabat lainnya seperti kepala badan dan kepala lembaga, utusan khusus, hingga staf khusus.
 
Nama-nama yang dilantik oleh Prabowo itu berasal dari berbagai kalangan, mulai dari politisi, akademisi, purnawirawan TNI, purnawirawan Polri, hingga selebriti dan mantan atlet. Sejumlah politisi yang merupakan Anggota DPR RI pun turut diangkat menjadi pejabat kabinet.
 
Berikut nama-nama Anggota DPR RI yang telah diangkat menjadi pejabat Kabinet Merah Putih:
1. Meutya Hafid (Menteri Komunikasi dan Digital)
2. Nusron Wahid (Menteri Agraria dan Tata Ruang)
3. Maman Abdurrahman (Menteri Usaha Mikro Kecil dan Menengah)
4. Ace Hasan Syadzily (Gubernur Lemhannas)
5. Sugiono (Menteri Luar Negeri)
6. Fadli Zon (Menteri Kebudayaan)
7. Prasetyo Hadi (Menteri Sekretaris Negara)
8. Teuku Riefky Harsya (Menteri Ekonomi Kreatif)
9. Faisol Riza (Wakil Menteri Perindustrian)

Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024