Makassar (ANTARA) - Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat menggandeng PT Bank Sulselbar menggelar literasi dan inklusi keuangan pada pelaku ekonomi di Kabupaten Soppeng dan Enrekang, Sulawesi Selatan.

"Dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan maka kita menyasar pada pelajar dan pelaku UMKM di dua Kabupaten di Sulsel," kata Kepala Perwakilan OJK Sulselbar Darwisman dalam keterangan persnya di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai implementasi program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (Gencarkan) dan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tahun 2024.

Darwisman berharap melalui kegiatan tersebut para pelajar dan pelaku UMKM akan lebih cerdas dalam hal keuangan dan mengambil keputusan finansial, sehingga tidak gampang terjerat oleh Jasa Keuangan ilegal seperti judi online dan pinjaman online.

Selain itu, lanjut dia pihaknya bersama Bank Sulselbar juga menekankan kebiasaan menabung sejak dini untuk memberikan pembelajaran financial bagi pelajar.

Alasannya dengan menabung sejak dini akan mengajarkan anak-anak nilai uang termasuk mengelola uang dan pentingnya memiliki dana cadangan untuk masa depan.

Menanggapi hal tersebut PJ Bupati Kabupaten Enrekang H Baba menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan OJK dan Bank Sulselbar.

Dia mengatakan, sosialisasi yang diadakan di kabupaten Enrekang ini merupakan bentuk kepedulian dan dukungan Pemerintah Kabupaten untuk mempercepat tingkat literasi masyarakat.

OJK Sulselbar mencatat sejumlah kegiatan literasi dan edukasi keuangan kepada masyarakat dari berbagai segmen sepanjang 2024 mencapai 134 kegiatan edukasi keuangan yang menjangkau 126.174 orang.

 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024