Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan uji coba program makan gratis di SMK Negeri 1 Mamuju yang terletak Kelurahan Rangas Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju.

"Uji coba makan gratis di SMK 1 Rangas Mamuju diikuti ratusan siswa dan guru sekolah itu," kata Penjabat Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan SMK 1 Mamuju merupakan SMK percontohan di Sulbar, sehingga dilakukan uji coba program makan gratis ini, yang juga diharapkan program yang dilaksanakan tersebut dapat menjadi percontohan pada sejumlah sekolah lainnya di Sulbar.

Menurut dia, program makan gratis yang merupakan program yang dicanangkan Presiden Prabowo Subianto akan dilaksanakan pada Januari 2025 di seluruh sekolah di Sulbar mulai tingkat SD SMP, dan SMA serta SMK.

"Program ini mendapatkan sambutan antusias dari pihak sekolah dan siswa berdasarkan uji coba yang dilaksanakan, sehingga Pemprov Sulbar optimis program ini akan berhasil dijalankan di Sulbar," katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa program makan gratis yang akan dilaksanakan di Sulbar, agar anak mendapatkan makanan bergizi sehingga dapat dilahirkan generasi cerdas dan sehat untuk mengisi pembangunan.

"Program ini akan dilaksanakan berkelanjutan untuk melahirkan generasi emas pada 2045 mendatang," kata Bahtiar.

Salah seorang siswa SMK 1 Mamuju Karel mengatakan sangat senang dan berterima kasih kepada Presiden Prabowo Subianto yang telah mencanangkan program makanan gratis karena akan membantu siswa untuk fokus belajar di sekolah.

"Terimakasih kepada Presiden Prabowo Subianto dan Gubernur Sulba, Bahtiar Baharuddin yang mencanangkan dan mendukung program makan gratis ini sehingga dapat dilaksanakan di sekolah kami, karena sangat bermanfaat bagi siswa untuk lebih fokus belajar dan bisa menjadi cerdas," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024