Makassar (ANTARA Sulsel) - Perusahaan jasa telekomunikasi PT Telkomsel memastikan trafik komunikasi jelang lebaran tetap lancar terbukti dengan "Drive Test" yang dilakukannya pada jalur Makassar-Parepare.

"Sejak perjalanan dimulai dari Kota Makassar menuju Kota Parepare atau dari titik 0-152 kilometer itu, kelancaran jaringan Telkomsel tetap stabil dan itu akan tetap sama meskipun dengan adanya lonjakan penggunaan," ujar Vice President ICT Area Pamasuka, Ali Imran di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, kesiapan jaringan jelang Ramadan dan Idulfitri 2014 dengan melakukan Network Drive Test di sepanjang jalan dari Makassar menuju Parepare, untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selular yang signifikan.

Adapun, jalur Makassar-Parepare dipilih sebagai titik ujicoba jaringan karena jalur ini merupakan jalur trans Sulawesi yang menghubungkan beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Selatan.

Ali Imran menyatakan, kegiatan uji jaringan selalu dilakukan pihaknya setiap tahun, terutama menjelang Ramadan dan Idul Fitri karena hal ini merupakan wujud komitmen perseroan dalam memberikan layanan yang berorientasi pada quality of service.

"Momen Ramadan hingga Idul Fitri merupakan saat yang amat penting bagi para pelanggan kami, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan jaringan Telkomsel di sejumlah jalur mudik dan memberikan kenyamanan dan kelancaran komunikasi dalam menyambut arus mudik Lebaran," katanya.

Menurut dia, mengantisipasi lonjakan trafik tersebut pihaknya meningkatkan performansi jaringan dengan melakukan penambahan BTS di beberapa titik di seluruh wilayah Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka), mengerahkan Mobile Combat untuk mengcover komunikasi di titik-titik keramaian, melakukan upgrade kapasitas dan modernisasi jaringan.

Selain itu, memantau dan memonitoring kesibukan jaringan, Telkomsel mendirikan Posko Siaga yang beraktivitas selama 12 x 24 jam di semua Regional dan Branch wilayah Pamasuka mulai 22 Juli hingga 2 Agustus 2014.

Ali menyebutkan, sepanjang 2014 ini pihaknya terus melakukan penambahan BTS di berbagai daerah di Pamasuka. Hingga pertengahan tahun ini, Telkomsel telah memiliki lebih dari 17.500 BTS dari 77.000 BTS yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari sisi kenyamanan menggunakan jaringan data, Telkomsel Area Pamasuka telah memiliki lebih dari 7.000 BTS 3G yang mampu memberikan kenyamanan dalam mengakses dunia tanpa batas dengan kecepatan yang maksimal.

Untuk Regional Sulawesi dengan jumlah pelanggan lebih dari 14,2 juta pelanggan, anak usaha emiten berkode TLKM ini juga telah memiliki 8.400 BTS yang terdiri dari 3.000 BTS 3G dan 5.400 BTS 2G.

Di wilayah Kalimantan dengan jumlah pelanggan lebih dari 12,8 juta pelanggan, telah memiliki 7.400 BTS yang terdiri dari 3.300 BTS 3G dan 4.100 BTS 2G. Sedangkan di Regional Papua Maluku dengan jumlah pelanggan lebih dari 3,8 juta pelanggan, telah memiliki 1.600 BTS yang terdiri dari 600 BTS 3G dan 1.100 BTS 2G.  FC Kuen

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024